Kapolres Bondowoso Pimpin Langsung Evakuasi Korban Tanah Longsor

tanah longsor bondowoso

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur, Telah terjadi tanah longsor diarea proyek Pemerintah Kabupaten Bondowoso pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) tepatnya Jembatan Kelurahan Kotakulon Kabupaten Bondowoso (lebih terkenal dengan jembatan Sekarputih) dan menimpa pekerja bangunan di lokasi tersebut, Senin (31/7/2017) pukul 09.30 WIB.

Menurut Herman mandor pekerja bangunan,kronologis kejadian berdasarkan dilokasi terjadinya tanah longsor sebagai berikut :

  1. Pada pukul 07.00 wib terdapat 6 ( enam ) orang laki – laki dan 1 ( satu ) orang mandor sedang melakukan aktifitas pekerjaan bangunan / perakitan besi untuk pembuatan plengseng / abutment ( bangunan bawah jembatan yang terletak di ujung – ujung pilar ).
  2. Pukul 09.15 wib setelah melaksanakan istirahat untuk sarapan pagi, keenam pekerja melanjutkan kembali pekerjaannya dimana salah satu pekerja ada yang mengetahui bahwa sebagian tanah yang berada sejajar dengan jembatan sudah terkikis namun para pekerja tetap melaksanakan aktifitasnya.
  3. Pada pukul 09.30 wib pada saat ingin memposisikan besi yang telah dirakit ke posisi berdiri, kemudian tanah yang akan di buat sandaran besi tersebut longsor dan menimpa 3 ( tiga ) orang yang posisinya terjebak di bawah tanah, sedangkan 3 ( tiga ) orang lainnya berhasil menyelamatkan diri.
  4. Adapun keenam pekerja dan 1 ( satu ) orang mandor yang pada saat terjadi tanah longsor berada di lokasi proyek :

– Herman selaku mandor (34)  Desa Kembang Kecamatan Tlogosari ( korban selamat / tidak tertimpa tanah longsor ).

– Sofan warga Desa Kembang Kecamatan Tlogosari ( tertimpa tanah longsor dan mengalami luka robek pada lutut kaki kiri ).

– To warga Kelurahan Badean  Kabupaten Bondowoso ( tertimpa tanah longsor, mengalami patah pada pergelangan tangan kanan dan luka tertusuk besi cor pada lutut kanan ).

– Belum diketahui identitasnya  tanah longsor.

– Imron alamat Dusun Paleran Dsesa Paguan Kecamatan Taman krocok ( korban selamat / tidak tertimpa tanah longsor ).

– Sipul alamat Dusun Paleran Desa Paguan Kecamatan Taman krocok ( korban selamat / tidak tertimpa tanah longsor ).

– Mukhsin alamat Desa Kembang Kecamatan Tlogosari( korban selamat / tidak tertimpa tanah longsor ).

Ketiga korban yang tertimpa tanah longsor berhasil di evakuasi selang 2,5 jam kemudian tepatnya pada pukul 11.46 wib dimana proses evakuasi dipimpin langsung oleh Kapolres Bondowoso dan dibantu dari TNI Kodim 0822 Bondowoso serta masyarakat sekitar.

 

 

Penulis : Herry

Editor    : Umi Fadilah

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password