Terjaring Ops Pekat Atas Kepemilikan Miras, Tole Jalani Sidang di Pengadilan Negeri Kota Bitung

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – SL alias Tole (49), warga Kota Bitung yang terjaring Operasi Penyakit Masyarakat (Ops Pekat) Polsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung atas kepemilikan total 381 liter minuman keras (miras) jenis cap tikus, menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri Kota Bitung, Jum’at (28/07/2017).

Diketahui, barang bukti sebanyak 254 botol yang dikemas dalam botol air mineral ukuran 1.500 ml tersebut disita petugas di atas kapal KM. Tatamailau saat sedang bersandar di Pelabuhan Samudera, Jum’at (21/07), sekitar pukul 10.00 WITA. Tersangka mengaku, cap tikus tersebut rencananya akan di bawa ke Papua.

*Baca berita terkait:
Polsek KPS Bitung Gagalkan Penyelundupan Ratusan Liter Cap Tikus ke Papua

Sidang tipiring dipimpin oleh Hakim Pengadilan Negeri Kota Bitung, Ronald Massang, S.H., M.H., dengan kuasa penuntut umum, Aiptu Yohanes Lambe (personel Unit Reskrim KPS Bitung). Dalam sidang itu juga turut disertakan barang bukti yang disita petugas.

Hakim menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp 1 juta atau hukuman pengganti kurungan badan selama 1 bulan. Vonis ini dijatuhkan karena Tole terbukti melanggar pasal 27 ayat 1 Perda Provinsi Sulut Nomor 4 Tahun 2014 tentang memiliki, menyimpan, mengedarkan minuman alkohol tanpa izin yang sah.

Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting melalui Kasubbag Humas, AKP Idris Musa mengatakan, persidangan tersebut merupakan tindak lanjut atas pelaksanaan Ops Pekat yang dilaksanakan oleh Polres Bitung dan jajaran. “Sidang ini untuk memberikan efek jera kepada para pelaku penjual atau pengedar minuman alkohol, karena minuman alkohol merupakan biang dari tindak kriminal,” pungkasnya.

Penulis: Chresto
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password