Polsek Jawai Padamkan Kebakaran Lahan Gambut

Tribratanews.polri.go.id.polda kalbar-polres sambas. Telah dilaksanakan giat pemadaman karhutla di Desa Sarang Burung Danau Dsn Samping Rt 10 Rw 5 yg berbatasan langsung dg Desa Siyung Kec Teluk Keramat di wilkum Polsek Jawai.Sabtu (29/07/2017) sekira Jam. 09.00 Wib s/d Jam. 17.15 Wib

Kebakaran lahan gambut ini Pada jam 09.30 s/d 17.15 wib Polsek Jawai, Manggala Agni dan Masyarakat melakukan pemadaman bekas titik api lokasi lahan gambut di parit Parit Samping di titik hot spot N 01.46946°dan E 109.10790° dan api dapat dikendalikan. Pada jam 17.15 wib.

Pemilik Lahan yang terbakar untuk sementara tidak diketahui Dan Jumlah luas yang telah terbakar sekitar 15 ha, Dan Yg Dapat Di Padamkan Sekitar 4 ha,yang ditumbuhi Tanaman Sawit, ilalang dan Semak belukar

dilapangan Sumber air Dgn Kedalaman 1 Meter Dan lebar 3 meter, Kedalaman gambut mencapai 2 meter ( permukaan gambut Kering ) dan Jarak dari Polsek ke titik api : 24 km yang bisa ditempuh dg R4 20 km R2 dan jalan kaki 4 km.
Adapun Jarak dari sumber air ke titik kebakaran sekitar 50 m, peralatan sangat minim sehingga tidak terjangkau.

Alat yang digunakan dalam proses pemadaman untuk sementara Mesin Robin beserta slang sepanjang 500 m, Semprot bahu sebanyak 2 buah dan Embe 4 buah.

Kendala lain dilapangan , Luasnya Lahan yg Terbakar sehingga panjang selang tidak sampai ke titik kebakaran dan tebalnya kabut asap menyulitkan dalam proses pemadaman titik kebakaran. Sementara api tidak bisa dipadamkan dikarenakan kuatnya angin dan titik kebakaran mengarah Kec. Teluk Keramat

Adapun personil Personil yang terlibat pemadaman Bhabinkamtibmas Desa SB. Danau ( BrigPol Samsul ), ( Bripka Cahyono Bhabin Desa Lambau),( Bigpol Athur Bhabin Desa sei.Nyirih ), ( Brigpol Dicky p Bhabin Desa Sb.Kuala), Kepala Desa Sarang Burung Danau beserta 5 warga, Manggala Agni 8 anggota, Koramil Jawai 1 Personil Serda Marlan dan MPA Desa SB. Danau 4 personil.

Kapolsek Jawai Iptu Prambudi sangat mengapresiasi kepedulian Anggota Polsek Jawai yg Di pimpin Bripka Cahyono Bersama 3 Anggota dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai yg Kordinator Di Lapangan, kebakaran cepat terdeteksi untuk melakukan langkah pemadaman selanjutnya.

Penulis : Dicky Permana
Editor : Umi Fadhilah-Sugeng Hs
Publis : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password