Pencanangan Tahun Keselamatan Berlalu Lintas di Kaltim Dirangkai Launching Samsat Desa

30-launching-1

Tribratanews.polri.go.id,– Pencanangan Tahun Keselamatan Berlalu Lintas untuk Kemanusiaan Tahun 2017 yang sercara serentak dilakukan di seluruh Indonesia, Minggu (30/7/2017) pagi juga dilakukan di Kaltim yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Jl. Jenderal Sudirman Balikpapan.

Kegiatan yang dihadiri ratusan warga besama para pejabat diantaranya Wadir Lantas Polda Kaltim,Pimpinan Jasa Raharaja, Karo SDM Mewakili Kapolda Kaltim, Sekda Provinsi Kaltim mewakili Gubernur Kaltim, pejabat Dispenda Provinsi Kaltim, Kepala Kantor Pos ini sekaligus melaunching layanan Samsat Desa di Kaltim dan Kaltara, Samsat Terapung, Samsat Smartphone BPD Kaltim dan Samsat Pos Indonesia.

Para undangan, warga dan pejabat Kaltim yang memenuhi sebuah tenda besar di Lapangan Mereka Balikpapan sebelumnya menyaksikan melalui vicon kegiatan Pencanangan Tahun Keselamatan Berlalu Lintas untuk Kemanusiaan Tahun 2017 secara nasional yang dipusatkan di Bundara HI Jakarta. Pencanangan dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Wakapolri Komjen Syafruddin yang diikuti dengan mengucapkan slogal: “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan”.

30-launhcing-tekan-tombolSementara itu di Kaltim, Sekda Provinsi Kaltim Dr.Ir.H.Rusmadi MS, Karo SDM Polda Kaltim Kombes Pol Drs. Sofyan Nugroho, SH, Msi., Wadirlantas Polda Kaltim AKBP Noviar dan pejabat lainnya juga mengucapkan slogan “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan” bersama-sama para undangan yang hadir. Selanjutnya, dilakukan penekanan tombol sirine menandai launching Samsat Desa di Kaltim dan Kaltara, Samsat Terapung, Samsat Smartphone BPD Kaltim dan Samsat Pos Indonesia.

Menurut Wadirlantas Polda Kaltim,  Korps Lalu Lintas Polri terus membenahi pelayanan terhadap masyarakat. Salah satu caranya yakni dengan membentuk Samsat Desa, di mana fungsinya agar mempermudah kepengurusan surat kendaraan bermotor bagi warga.

“Samsat Desa dibentuk berdasarkan pertimbangan dari populasi pertumbuhan kendaraan bermotor sehingga berpengaruh terhadap registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, khususnya dalam hal pelayanan publik di bidang Kesamsatan,” katanya.

30-bayar-stnkKegiatan ini dilanjutkan dengan penempelan stiker “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan” di puluhan mobil ambulance yang dari berbagai rumah sakit dan instansi yang sejak pagi sudah diparkir di luar tenda tempat acara. Beberapa pejabat juga sempat memeriksa kelengkapan mobil ambulance, fasilitas di dalamnya maupun kelengkapan surat-suratnya, seperti STNK apakah sudah membayar pajak atau belum.

Pemberian Penghargaan dan Testimoni

Di sela-sela acara launcing, dilakukan pemberian penghargaan kepada Petugas Samsat yang berprestasi :

  1. Hj. Siti Farida, SE UPT Bapenda wil. Balikpapan
  2. Bayah UPT Bapenda wil. Samarinda
  3. H. Edy Budiono, S.Sos UPT Bapenda wil. Kukar
  4. Aipda Sigit Budi Waluyo Ditlantas Polda Kaltim wil. Balikpapan
  5. Aipda H. Kusno Ari Wibowo Satlantas Polda Kaltim wil.Samarinda
  6. Aipda Darji Satlantas Polda Kaltim wil. Kukar

 

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Wajib Pajak Pribadi/Perusahaan yang taat dalam membayar pajak yaitu :

  1. Ernawati UPT Bapenda wil. Balikpapan
  2. PT. Mitra Indah Lestari UPT Bapenda wil. Balikpapan
  3. Surya Thamrin UPT Bapenda wil. Samarinda
  4. PT. Rea Kaltim UPT Bapenda wil. Samarinda
  5. Misran B. UPT Bapenda wil. Kutai Kartanegara 6. PT. Kayan Putra Utama Coal UPT Bapenda wil. Kutai Kartanegara.

30-kesaksian-korban-lakaPada kesempatan itu juga diundang salah satu korban kecelakaan yakni salah satu tenaga perawat RS Siloam Balikpapan yang mengalami patah kaki. Perawat yang mengalami kecelakaan di kawasan Jl. Manunggal – MT Haryono Balikpapan itu mengakibatkan tidak bisa berjalan, dan harus melakukan aktivitas dari kursi roda. Dia berharap agar masyarakat tetap menjaga ketertiban lalu lintas untuk menghindari kecelakaan di jalan, seperti yang telah dialaminya.

“Akibat kecelakaan ini kaki kiri dan tangan kiri saya patah dan harus di-pen. Wahai saudara-saudaraku, mari kita jaga ketertiban berlalu lintas. Stop pelanggaran stop kecelakaan,” kata perawat yang bernama Narti Sianipar terbata-bata.

Penulis: Baim

Editor: Umi Fadillah

Publish: Humas Polda Kaltim

Admin Polri53933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password