Kapolda Maluku Utara Menghadiri Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Seni dan Pramuka (Porseka) Ke-3 Pondok Pesantren Harisul Khairat Bumi Hijrah Tidore

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum bersama Gubernur Malut K.H. Abdul Gani Kasuba, Lc, yang didampingi Dirbinmas Polda Malut menggunakan Speedboat dari  pelabuhan Resident Kota Ternate menuju ke pelabuhan Rum kota Tidore. Setelah di pelabuhan Rum Tidore, Kapolda Malut bersama Gubernur diaambut oleh Kapolres Tidore dan selanjutnya menuju ke Pesantren Harisul Khairat Bumi Hijrah yang berada di kelurahan Ome Kota Tidore Kepulauan. Minggu 30/7/17.

Saat tiba di pesantren Kapolda dan Gubernur disambut oleh ketua yayasan Kharisul Khairat          Ir. Hasan Doa, Pimpinan Pondok Pesantren Harisul Khairat Ustad Umar Hamzah, S.Pdi, Forkopimda Kota Tidore Kepulauan diantaranya Staf ahli Walikota Jamaludin Badar, S.IP yang mewakili Walikota Tidore, Kapolres Tidore, Danramil Tidore mewakili Dandim 1505 Tidore, Ibu Wakil Walikota Tidore, Pimpinan Pondok Pesantren Ustad. Umar Hamzah, S. Pdi, Camat Tidore Utara, Kapolsek Tidore Utara, Dewan guru dan tamu undangan.

Upacara pembukaan Pekan Olahraga Seni dan Pramuka ( Porseka ) ke 3 Pondok Pesantren Harisul Khairat Bumi Hijrah Tidore 30 Juli – 06 Agustus 2017 dengan tema ” Dari Santri Untuk Negeri ” dilaksanakan dan bertindak selaku Inspektur Upacara adalah pimpinan pondok pesantren Harisul Khairat Ustad Umar Hamzah, S.Pdi.

index.jpgponpes1

Dalam amanatnya Inspektur Upacara Ustad Umar Hamzah, S.Pdi menyampaikan tentang sejarah berdirinya pondok pesantren Harisul Khairat mulai dirintis pada tahun 1990 dan kemudian secara resmi berdiri di tahun 1992 dan pada saar itu K.H. Abdul Gani Kasuba, Lc menjadi pendiri sekaligus sebagai pimpinan pesantren dan berbangga saat ini telah menjabat sebagai Gubernur Maluku Utara serta berterima kasih kepada K.H. Abdul Gani Kasuba, Lc yang telah memberangkatkan beberapa orang di pondok ini ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah Haji.

Kegiatan Porseka ini hanya dilaksanakan secara internal sehingga tidak ada peserta dari luar pondok pesantren. Kemudian juga bahwa sejak tahun ini,  kurikulum di pondok pesantren ini telah berstandar nasional yang dipadu oleh kurikulum pesantren dan yang terpenting adalah bahwa tidak ada ajaran-jaran tentang radikalisme.

K.H. Abdul Gani Kasuba, Lc dalam kapasitasnya sebagai pendiri pondok pesantren Harisul Khairat Bumi Hijjrah Tidore yang turut hadir pada upacara tersebut dimintakan kesedian untuk memberikan sambutan dan pada kesempatan tersebut orang nomor satu di Provinsi Maluku Utara ini hanya berpesan agar fasilitas pondok pesantren yang ada ini tetap dijaga dan dirawat dengan baik sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kita kepada para pendiri pesantren ini, selebihnya beliau mempersilahkan kepada Kapolda Maluku Utara untuk memberikan nasehat dan pesan-pesan kepada peserta yang hadir.

Saat diberikan kesempatan memberikan sambutan pada upacara tersebut, Kapolda Maluku Utara mengatakan bahwa saya sangat berbangga hati, bisa berdiri didepan para santri yang ada di pesantren Harisul Khairat ini karena para santri yang masih dalam usia muda sudah diberi dasar keagaman yang cukup dan akan terus beproses untuk menjadi pemimpin kedepan.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak kepada para santri agar senantiasa berbuat yang terbaik bagi diri sendiri, lingkungan, dan Negara Kesatuan RI melalui proses belajar yang baik karena landasan ilmu yang baik maka kita akan menjadi baik”. Ucap Kapolda.

Masa depan akan menjadi baik apabila kita rintis dari awal dengan baik, dan semua itu tergantung dari kita, apabila  pikiran kita terisi dengan hal yang baik maka pasti ucapan kita pasti baik dan kita akan berperilaku  dengan baik.

“Tanamkan Konsep Cinta dalam diri, baik cinta kepada Allah SWT, Nabi Muhammmad S.AW., cinta kepada diri kita, lingkungan kita dan Cinta kepada NKRI”. Ujar Kapolda.

Nenek moyang kita telah meninggalkan warisan yang luar biasa yaitu NKRI yang kita cintai ini, sangat kaya raya dan luar bisa yang akan memakmurkan kita. oleh sebab itu maka sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang baik tentunya kita harus menghargai warisan tersebut dengan cara menjaga dan merawat NKRI yang kita cintai. Saya yakin pondok pesantren ini akan menjadi pengawal dan pemelihara NKRI serta menjadi Pioner dalam kebaikan, kedamaian dan ketertiban khususnya di Maluku Utara dan umumnya Indonesia agar dimasa depan tetap menjaga NKRI. Jangan lupa belajar dan berlatih dengan baik serta bersemangat sebab pekan olahraga ini merupakan bagian dari penyiapan diri untuk menentukan karakter masa depan kita.

“Olahraga sangat penting sebab dengan berolahraga fisik kita tetap sehat dan kuat yang merupakan salah satu persyaratan ketika kita menjadi pemimpin masa depan nantinya, demikian juga seni dapat memberikan variasi ketika kita memimpin karena seni merupakan salah satu aspek untuk memoles kegiatan kita menjadi indah”. Ungkap Jenderal Bintang Satu di Polda Malut.

Kepada pengurus pondok pesantren mohon kiranya kita senantiasa berdoa untuk kedamaian, kerukunan, dan kebaikan bagi Maluku Utara. Saya mohon agar kita semua selalu mengawali kegiatan kita dengan doa dan bermunajad kepada Allah S.W.T Tuhan Y.M.E. agar kita selalu di berikan pikiran, ucapan dan perilaku yang baik serta diberi keamanan, keharmonisan, kerukunan, dan kedamaian, sehingga proses pembangunan yang digalakan oleh pemimpin kita di Malut ini dapat berjalan  lancar. Kita harus konsisten untuk senantiasa beroreientasi pada dua hal yang diamanatkan dalam UUD 1945 yaitu bagaimana agar kita bisa mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum sehingga kita selalu berbuat yang terbaik. Semoga pondok Pesantren ini kedepan akan menghasilkan para pemimpin kedepan, baik pemipin didaerah maupun sampai di pusat.

Marilah kita berdoa agar para pendiri dan pendahulu pondok pesantren ini diberi hidayah dan ditempatkan disisinya dan kedepan kita menjadi lebih baik.

Penekanan tombol oleh Kapolda Malut sebagai tanda Porseka ke-3 dengan resmi telah dibuka dilanjutkan dengan menyapa secara langsung kepada para santri peserta lomba.

Dalam kesempatan ini Jenderal Bintan satu di Polda Maluku Utara, menyerahkan bantuan kepada Pondok Pesantren Harisul Khairat yang diterima langsung oleh pemimpin pondok Pesantren Harisul Khairat.

Selanjutnya Kapolda dan Gubernur serta tamu undangan menyaksikan atraksi dari para santri pondok pesantren Harisul Khairat Bumi Hijrah Kora Tidore yang dimulai dari marching band, atraksi Pramuka, peragaan bela diri Taekwondo, dan tarian daerah.

Penulis : Muis Ode Amran

Editor  : Umi Fadilah

Publish : Wanto Batjan

 

 

 

Admin Polri55507 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password