Kapolda Sumbar bersama Forkopimda Menyaksikan Launching Tahun Keselamatan Berlalu Lintas 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Hari ini secara serentak di seluruh Indonesia, telah berlangsung Launching tahun keselamatan berlalu lintas untuk kemanusiaan tahun 2017 melalui video conference langsung dari Pos Polisi Bundaran HI Jakarta oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Untuk di Sumatera Barat, pelaksanaannya dilakukan di monumen Tugu Merpati Perdamaian di Muaro Lasak Pantai Padang.

Dihadiri oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum, Sekda Provinsi Sumbar, Danrem 032 WBR, Danlantamal II Teluk Bayur Padang, Danlanud Sutan Syahrir, pejabat utama Polda Sumbar, Jasa Raharja, Wali Kota Padang, Kasat Lantas sejajaran Polda Sumbar dan undangan lainnya.

Selesai launching yang dilaksanakan oleh Wakil Presiden di bundaran HI Jakarta, selanjutnya Kapolda Sumbar menyampaikan kata sambutan.

IMG-20170730-WA0070

Kita ketahui bersama bahwa gangguan Kamtibmas terus berkembang selaras dengan perkembangan waktu dan kemajuan teknologi di masyarakat, dari aspek gangguan lalu lintas jalan hal ini selaras dengan pertambahan jumlah penduduk dan kendaraan yang tidak seimbang dengan perkembangan jalan, serta lemahnya sistem pengawasan lalu lintas jalan.

Angka kecelakaan di Sumbar saat ini rata-rata setiap harinya terjadi 7 kasus dengan korban meninggal dunia setiap 2 hari 3 orang meninggal dunia.

Untuk pelanggaran juga terus meningkat dan semakin bertambahnya titik kemacetan (Trouble Spot Area) di waktu dan tempat tertentu khususnya pada hari libur di sentra-sentra Objek wisata bila tanpa upaya penanggulangan.

“Pimpinan Polri mengambil kebijakan dalam rangka mewujudkan komitmen Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum”, ucap Kapolda.

Upaya meningkatkan keselamatan, keamanan dan kesadaran dalam meningkatkan tingkat keselamatan dan keamanan dan transportasi salah satunya adalah dengan meningkatkan kerjasama dengan pemangku kepentingan, yaitu Lima Pilar yang ada didalam Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013.

IMG-20170730-WA0071

Maka dari itu Pemerintah menyambut positif terhadap upaya yang dilakukan oleh Kelima Pilar ini dengan melakukan pencanangan (Launching) Tahun Keselamatan untuk kemanusiaan ini.

“Diharapkan dengan launching ini, target pemerintah dengan zero accident dan menurunnya fatalitas korban kecelakaan sampai dengan 50% pada tahun 2023”, terangnya.

Diakhir sambutannya, Kapolda mengharapkan jadilah manusia yang peduli akan keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan kita tingkatkan budaya tertib berlalu lintas, keselamatan yang utama dan pertama serta dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

“Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan”, tutup Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan balon harapan yang dilakukan oleh Kapolda Sumbar beserta unsur Forkopimda Sumbar.(*).

Penulis : R. Fauzi/Sumbar
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi/Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password