Wakapolda Sulteng Buka Secara Resmi Rakernis Dit Binmas Polda Sulteng

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Kombes Pol Drs Mohamad Aris  Purnomo membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Bimbingan Masyarakat jajaran Polda Sulteng, jum’at (28/07/2017) pagi, diaula Torabelo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Bimbingan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Sulteng, para Pejabat Utama Polda Sulteng, para Kabag, para Kasubdit Dit Binmas jajaran Polda Sulteng, para Kasat Binmas jajaran Polda Sulteng, dan para Bhabinkamtibmas jajaran Polda Sulteng.

Dalam kata sambutan, Wakapolda Sulteng menyatakan, rakernis Dit Binmas kali ini mengambil tema “Melalui Rakernis Ditbinmas dan Jajaran Siap Mewujudkan Polisi Yang Profesional, Modern, Terpercaya. Hal ini sangat tepat untuk diwujudkan dan dilaksanakan terus sampai sekarang, salah satunya dalam kegiatan Program Promoter Kapolri.

Wakapolda Sulteng juga menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun itu, hendaknya dijadikan sebagai sarana kajian, analisa dan evaluasi.

“Binmas sebagai pengemban fungsi preemtif diharapkan mampu mengembangkan diri, memacu kemampuan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga profesionalitas dapat terus ditingkatkan,” ujar Wakapolda Sulteng.

DSC_0014

Selain itu, Wakapolda Sulteng juga mengharapkan peran Binmas agar tidak henti-hentinya mengingatkan dan bekerjasama dengan para tokoh,alim ulama dan seluruh elemen masyarakat untuk selalu menghimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan adanya pemberitaan yang bersifat provokatif, sara dan berita bohong dengan melakukan pendekatan kepada tokoh agama melalui forum FKUB.

“Saya mengharapkan peran Binmas melakukan pendekatan kepada tokoh agama melalui forum FKUB agar dalam melakukan ceramah tidak mengajarkan ujaran kebencian (Hate Spech) namun lebih ditekankan kepada toleransi kerukunan antar umat beragama, karena Negara kita menganut ajaran agama yang pluralisme bermacam agama,” kata Wakapolda Sulteng.

Wakapolda Sulteng juga menambahkan peran Bhabinkamtibmas untuk menjalin kerjasama kemitraan dengan seluruh Polmas yang ada melalui 3 pilar Kamtibmas (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kades), tingkatkan patroli dialogis, DDS (Door to Door System) dan problem solving serta menyelesaikan masalah kecil, ringan dan sederhana pada tingkat Kelurahan maupun Desa.

“Bangun terus partisipasi public dalam mendukung pengamanan dan Harkamtibmas, tampilkan sikap dan perilaku yang baik dan bias menjadi contoh sebagai insan Polisi yang Humanis, bersahabat dan dipercaya masyarakat. Dan dapat memberikan informasi yang up to date, dan bisa memberikan solusi jika ada permasalahan yang terjadi di masyarakat,” tutup mantan Karo Ops Polda Sulteng itu.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password