Rapat pembahasan tuntutan Kopbun Tuah Buno Sekayam kepada Management PT. GKM

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Bertempat di Kantor Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Sanggau, telah dilaksanakan Pertemuan antara pihak Management PT. GKM dan PT. HPI dengan pihak Kopbun Tuah Buno Sekayam dan Kopbun Lanta Lomur Noyan, Kamis (27/07).

Adapun dasar kegiatan pertemuan tersebut sesuai surat dai Kopbun Tuah Buno Sekayam nomor : 19 / Kopbun – TB / V / 2017 tanggal 27 Mei 2017 tentang Penyampaian BA hasil Rapat pengurus, pengawas dan management Kopbun tuah Buno yang berisikan beberapa poin tuntutan kepada Management PT. GKM.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Kopbun Tuah Buno Sekayam Sdr. Mulyadi menyampaikan point-point yang menjadi tuntutan kepada pihak PT. GKM diantaranya Menuntut ganti rugi TBS yang diputihkan selama tahun 2016 dan 2017 dengan total 102.293 janjang, Menolak penggunaan dana talangan untuk pembangunan kebun plasma yang tidak jelas, Peninjauan kembali luasan Plasma masing-masing Afdeling yang disinyalir terdapat ketidak sesuaian luas lahan dengan jumlah pokok tanam, Mempermasalahkan biaya plasma yang tinggi dan tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh, Mempertanyakan dan mempermasalahkan biaya yang dibebankan ke Plasma jika pekerjaan dilakukan oleh unit perusahaan, Mempertanyakan SK penempatan lokasi plasma yang tidak sesuai dengan perjanjian, Meminta keterbukaan dari perusahaan mengenai pengolahan Plasma baik mengenai biaya produksi maupun hasil yang diperoleh, Menuntut pembenahan infrastruktur Plasma yang merupakan tanggungjawab PT. GKM, Menuntut PT. GKM memberi laporan tertulis atas pembayaran angsuran yang dibayar PT. GKM kepada Bank sesuai perjanjian, Menuntut agar perusahaan memberikan laporan produksi hasil Plasma secara rinci sehingga koprasi memiliki data mengenai produksi hasil Plasma dan Meminta fee angkutan CPO dan kernel untuk Koperasi langsung di potong oleh PT. GKM dan diserahkan kepada pihak koprasi tanpa melalui pemegang SPK.

Sementara dari pihak Management PT. GKM yang diwakili PT. HPI belim bisa mengambil keputusan dan memberikan jawaban secara langsung terhadap tuntutan-tuntutan yang diajukan oleh pihak kopbun karena banyaknya tuntutan yang berkaitan dengan anggaran. Penyampaian management PT. HPI yang bisa mengambil keputusan adalah PT. Djarum selaku induk Perusahaan dan meminta waktu 1 minggu membahas tuntutan-tuntutan Kopbun tersebut kepada pimpinan perusahaan PT. Djarum TMT dilaksanakan pertemuan ini dan akan di jawab oleh pihak PT. HPI setelah itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Kab. Sanggau, Muspika Kec. Sekayam, Muspika Kecamatan Noyan, Management PT. HPI (Hartono Platantion Indonesia), Management Kebun PT. GKM, Ketua Kopbun Tuah Buno Sekayam Mulyadi beserta pengurus, Ketua Kopbun Lanta Lomur Noyan Caca beserta pengurus, Ketua DAD Kec. Sekayam Hendrikus Bambang, DAD Kecamatan Noyan, Tomas Kec. Sekayam Jon Bandan dan Kec. Noyan Ameng serta Seluruh peserta yang hadir berjumlah sekitar 30 orang

Dari hasil pertemuan tersebut, Pihak Kopbun Tuah Buno Sekayam dan kopbun Lanta Lomur Noyan merasa kecewa dengan belum adanya jawaban dari pihak PT. HPI terkait tuntutan pihak Kopbun tersebut yang mana sebelumnya sudah 3 kali dilakukan pertemuan terkait permasalahan yang sama.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password