Polsek Ketungau Tengah Lakukan Penyuluhan Karhutla Kepada Generasi Muda

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sintang – Mengubah sebuah pola dan tata cara kehidupan masyarakat bukan perkara yang mudah dan memerlukan waktu yang lama.

Seperti halnya tata cara bercocok tanam masyarakat di Ketungau Tengah pada umumnya dengan cara membakar lahan dahulu sebelum ditanami padi dan yang lainnya selain merupakan kebiasaan dari nenek moyang, membakar lahan sebelum bercocok tanam sangat mudah dan murah pembiayaannya.

Namun beberapa hal tentang efek buruknya seperti di abaikan atau di lupakan, karena selain menyebabkan polusi,  hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatan. Belum lagi mengancam keselamatan harta benda masyarakat sendiri dan juga keselamatan ekosistem alam. Setiap di larang pasti timbul jawaban bahwa hanya cara itu (membakar lahan) yang bisa mereka lakukan untuk membuka lahan pertanian.

Namun, bagi Kapolsek Ketungau Tengah Ipda Eko Supriyatno, S.AP, M.AP hal tersebut merupakan tantangan, walaupun susah tetap menempuh cara untuk memberikan penyuluhan tentang Karhutla kepada generasi muda dengan harapan di kehidupannya nanti bila dewasa tidak meniru kebiasaan orang tua serta pendahulunya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kanit Sabhara Polsek Ketungau Tengah Aiptu D Wahono untuk memberikan penyuluhan ke sekolah sekolah yang ada di Kecamatan Ketungau Tengah ( Jum’at, 28/07). “Memang tidak bisa dirasakan langsung manfaatnya kegiatan ini sekarang, tapi setidaknya kita memberikan pemahaman sejak dini agar tidak meniru kebiasaan orang tuanya”ucap Aiptu Wahono saat di temui setelah berfoto dengan para siswa.

Penulis   : Arief S
Editor    : Umi Fadillah
Publish   : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password