Melihat Aplikasi GICC Polres Tegal

Tegal, Polres Tegal telah membuat Galawi Integrated Comand Center dibuat untuk memudahkan para pimpinan mengkontrol kinerja dan pelaksaan tugas anggotanya dilapangan, baik pelaporan maupun situasi kamtibmas. Sedangkan anggota yang bertugas atau sedang melaksanakan tugas dilapanganpun dengan mudah melaporkan tanpa harus kekantor membuat laporan tertulis hingga pembukuan dengan mencetak pada kertas sebagai pertangungjawaban baik tugas dan kinerja bahkan pelaporan yang membutuhkan jalur koordinasi dan komando.

1. BOTS : Binmas On The Spot

Aplikasi ini ditujukan kepada personil Bhabinkamtibmas maupun anggota yang memegang peranan Polmas atau Binmas. Suatu aplikasi yang dibuat untuk memudahkan laporan dilapangan dengan cepat dan tepat tanpa mencetak pada sebuah lembaran kertas. Sambang warga salah satu fitur dalam aplikasi tersebut, mudahnya mengetik di smartphonenya/handphone personal seperti mengirim pesan hingga foto, tentunya sudah ada format tersendiri yang mudah dan praktis. Keunggulannya apabila data tersebut dibutuhkan per minggu, per bulan bahkan per semester tidak perlu membuka arsip, tinggal meminta softcopy (copyan dari GICC) untuk dicetak. Kegiatan yang telah terlaporkan dapat segera diketahui dan dimanfaatkan dalam bentuk file (paperless) bisa dimanfaatkan untuk keperluan kelengkapan perwabku anggota Bhabinkamtibmas.

Lebih lanjut dari pimpinannya langsung dapat mengetahui bahwa anggotanya ketika tidak berada di kantor bila mengecek melewati handphon/smartphone para pimpinan langsung termonitor pelaksanaan tugas anggota ketika berada dilapangan tanpa menanyakan personil yang berada dikantor.

Serba otomatis dan realtime, inilah yg menjadi kemudahan dan memanjakan para anggota. Mudah, cepat, praktis dan irit biaya adalah yang dicari setiap personil dalam berdinas.

2. IPP : Intregation Police Patrol

Sat Sabhara yang sering melaksanakan patroli, sekarang cukup dimudahkan dengan aplikasi ini. Bagaimana mudah ? yaitu tanpa membawa peralatan Global Positioning System (GPS) yang mahal dan ribet, cukup dengan patroli barcode masalah dapat teratasi.

Bagi personil Sat Sabhara dengan berpatroli yaitu menyambangi obyek vital yang telah ditentukan maka ketika melewati suatu jalan dengan cepat dan akurat disekitar daerah tersebut terpantau obyek vital yang ada. Cukup mengscan barcode yang tertempel dan melakukan pengecekan serta pembinaan maupun imbauan maka sudah mendapat nilai kinerja. Lalu bila difoto dan dilaporkan dalam aplikasi tersebut maka kegiatannya akan bertambah salah satunya adalah patroli dialogis. Memanfaatkan sistem pelaporan akan mudah menganalisa suatu kamtibmas pada tempat tersebut, lebih lagi menjumpai security yang menginformasikan kamtibmas dapat terpantau pimpinan laporan informasi yang masuk. Tanpa membuat laporan yang diketik dan di print out menggunakan kertas, hal ini pimpinannya dapat segera memberikan perintah pada anggota yang berada dilapangan.

Pimpinannyapun dimudahkan dengan pengecekan melalui smartphone/handphone yang telah memiliki aplikasi tersebut, tanpa memberikan perintah berulang-ulang apabila anggota yang tidak melaksanakan kegiatan, sudah tentunya segera mengetahui kinerjanya.

3. TEAM : Traffic Enggeenering Analysis Management

Sat Lantas yang dituntut realtime pelaporan yaitu mengutamakan kecepatan, keakuratan, kebenaran hingga dokumen berupa foto lokasi sudah terintregrasi pada aplikasi ini. Baik lokasi Global Positioning System (GPS) dan foto kondisi saat itu juga mejadi tuntutan. Pimpinan maupun anggotanya dapat segera melaporan sesuai kondisi pada saat itu. Lebih-lebih kejadian kecelakaan lalulintas maupun kondisi arus lalulintas, maka dengan mudah pimpinan dapat menentukan kebijakan atau perintah yang dibutuhkan anggota dilapangan tanpa mempelajari dan mengecek dahulu kondisi dilapangan.

Kegiatan yang dilaksaknakanpun dapat dipertanggungjawabkan dalam bentuk softcopy baik diper hari, minggu maupun bulan. Pada pelayanan SIM, STNK dan BPKB dapat termonitor dengan segera.

Sedangkan IMS dan SIA dalam pembenahan yang akan rampung pada akhir bulan Desember 2016, rencananya IMS yaitu Investigation Management System sebagai kontrol dan pelaporan secara cepat terkait perkembangan kasus tindak pidana yang sedang ditangani. Sementara pada Smart Intelegence Analysis sebagai aplikasi untuk menganalisa situasi kamtibmas secara real time di wilayah Kabupaten Tegal.

Admin Polri56607 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password