Sedia Payung Sebelum Hujan, Kapolsek Batang Lupar Bentuk Posko Karhutla

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Dalam rangka mengatasi terjadinya Kebakaran hutan lahan dan Kebun maka perlunya adanya suatu wadah yang memperkasai untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan terhadap Karhutla yang sekarang ini sudah terjadi dimana mana khususnya daerah Kalimantan Barat.

Walaupun diwilayah hukum Polsek Batang Lupar hingga saat ini belum adanya Karhutla namun tidak menutup kemungkinan pasti akan terjadi permasalahan Karhutla karena mayoritas penduduknya adalah petani dan masih menganut lahan berpindah.

Maka dalam hal mengantisipasi terjadinya Karhutla, Kapolsek Batang lupar Ipda Rajiman pada hari jumat tanggal 28/7/17 Pada pukul 08.30 wib s/d pukul 11.15 wib bertempat Mapolsek Batang Lupar telah dilakukan rapat pembentukan Posko Penanggulangan Karhutla yang ada di Kecamatan Batang Lupar.

Dalam rapat pembentukan Posko Karhutla yang dipimpin oleh Kapolsek Batang Lupar melibatkan unsur pimpinan Kecamatan , Kepala Desa, Manggala Agni, Kepala TNBK, Kepala TNDS dan KKPH ini semua yang nantinya akan bekerja dalam rangka pencegahan dan penanganan apabila diwilayah Kecamatan Batang Lupar terjadi Kebakaran hutan dan lahan.

Diungkapkan oleh Kapolsek Batang lupar penamganan Karhutla ini bukan hanya kejadian kebakaran hutan lahan dan kebun saja namun Kapolsek mengungkapkan dalam posko ini harus ada tiga kelompok yang akan bekerja dalam penanggulangan Karhutla yaitu :

1, Regu atau Kelompok Pencegahan/ Sosialisasi dimana para pejabat yang ada sebagai narasumber untuk melakukan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat.
2. Regu lapangan/ pemadam regu inilah yang nantinya apabila terjadi Karhutla diwilayah Kecamatan Batang Lupar yang bekerja memadamkan dengan mengunakan alat yang sudah kita siapkan.
3. Regu/ Kelompok Pasca Kebakaran regu /kelompok ini yang bertugas mencari data dan pengukuran serta mengidentifikasi terhadap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi termasuk mencari dan mendatakan siapa pemilik lahan serta jumlah luasan lahan sebagai bahan pelaporan terang Kapolsek Batang Lupar.

Kapolsek mengatakan tiga kelompok ini nantinya bisa bekerja dengan maksimal sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga apabila terjadi kebakaran hutan lahan dan kebun masing masing kelompok sudah bisa melaksanakan tugas tanpa harus dikomando oleh Ka posko ungkap Ipda Rajiman.

Penulis : Rajiman
Editor : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password