Polisi : Sosialisasi Saber Pungli di Kab. Mimika

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Mimika – Waka Polres Mimika Kompol Arnolis Korowa, SH. MH selaku nara sumber dan Kanit Tipikor Polres Mimika  Ipda Andi Suhidin, SH, bertempat di kantor Catatan Sipil  Kab. Mimika Jalan Poros SP3 Distrik Kuala Kencana Timika, Jumat, (28/07/2017) Siang.

Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut dari Pegawai Negeri Sipil yang berada di Dinas Catatan Sipil dan masyarakat yang sementara mengurus kartu Keluarga dan KTP  yang berjumlah sekitar 80 orang.

Waka Paolres Mimika menyampaikan bahwa kehadiran dirinya bersama personel untuk memberikan Sosialisasi berdasarkan dasar hukum  yaitu tentang undang – undang No. 31 Tahun  1999 Jo Undang – Undang RI  No. 20 Tahun 2001 tentang  Pemberantasan Tindak Pidana  Korupsi.   Peraturan Presiden  No 87 Tahun 2016 Tentang Unit Sapu Bersih Pungutan Liar  ( Saber Pungli).   Instruksi Presiden No 7 Tahun  2015 Tentang  Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.  Keputusan Bupati Kab Mimika No 5 Tahun  2017 tentang Pembentukan Unit Aapu Bersih Pungutan Liar Kab. Mimika.

Sosialisasi Saber Pungli 2

Selain menjelaskan tentang dasar hukum untuk melakukan penindakan di lapangan, ada juga Tugas Pokok dan Fungsi tim yang sudah terbentuk yaitu melakukan pengawasan terhadap tindakan pungutan liar oleh lembaga pemerintah di kab. Mimika, menindak pelaku pungutan liat sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dan melaporkan hasil pelaksanaan kepada Bupati Mimika.

Ada beberapa bagian tau fungsi yang akan di tugaskan untuk melakukan penyelidikan di lapanagn antara lain Intelejen, pencegahan, penindakan & yustisi. Kemudian modus operandi yaitu   Pungli terjadi karena adanya perbuatan melawan hukum.

Pungli terjadi ketika ada hubungan langsung antara masyarakat dengan yang mempunyai kewenangan, Pungli terjadi ketika  masyarakat meminta tolong untuk percepatan dan Melemahkan masyarakat dengan alasan kurangnya persyaratan serta Membuat produk untuk wajib di beli dan lain-lain.

Penulis : Ardian
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Marthen L E

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password