Diduga Gelapkan Uang Koperasi, Pria Ini Dilaporkan Ke Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Papua, Polres Waropen – Diduga gelapkan uang Koperasi Simpan Pinjam (KSP) untuk nasabah, seorang karyawan Koperasi Cendana berinisial AN, Kampung Khemon Jaya SP V, Distrik Urei Faisei dilaporkan ke polisi, Kamis (27/07) malam.

Adalah Yan Wopi yang sebagai pengelola KSP Cendana yang melaporkan hal tersebut ke SPKT Polres Waropen karena merasa dirugikan oleh perbuatan terlapor.

Saat dimintai konfirmasinya, Kapolres Waropen melalui Ka SPKT Bripka. Krisharyanto Raubaba, menjelaskan bahwa “benar kami telah menerima laporan dari seorang warga tentang dugaan kasus penggelapan uang koperasi simpan pinjam di Kampung Khemon Jaya SP V tadi malam.”

“Untuk selanjutnya, pagi ini kami membuat laporan polisi dan sementara mengamankan terlapor AN selama 1 × 24 untuk kami mintai keterangan awal dan proses pembuatan Surat Perintah Penahanan setelah dilakukan gelar perkara untuk peningkatan status terlapor menjadi tersangka oleh Sat Reskrim berasarkan bukti permulaan yang cukup dan saksi-saksi.” Kata Ka SPKT.

“Laporan dugaan penggelapan uang koperasi ini berawal dari terlapor AN yang diberikan uang sebesar Rp. 5.500.000,- untuk diberikan kepada nasabah yang meminjam pada Hari Jumat Tanggal 21 Juli 2017 oleh saudara Yan Wopi selaku pengelola KSP Cendana, namun saat ditelusuri kepada nasabah, ternyata uang tersebut oleh terlapor AN, tidak diserahkan kepada nasabah tersebut, melainkan dipergunakan untuk kepentingan pribadi oleh terlapor AN, oleh karena itu pelapor atas nama Yan Wopi ini selaku Pengelola KSP Cendana merasa dirugikan dengan perbuatan terlapor AN yang bukan hanya sekali ini dan setelah diakumulasikan ternyata terdapat uang sebesar Rp. 17.345.000,- yang diduga telah digelapkan oleh terlapor AN, atas dasar itulah saudara Yan Wopi melaporkan ke Mapolres Waropen.” Tambah Ka SPKT lagi.

“Untuk sementara dugaan kasus penggelapan ini, masih kami tangani, dengan berpedoman kepada SOP dan azas praduga tak bersalah, sesuai dengan promoter Polri, kami akan tangani kasus ini dengan profesional dan untuk selanjutnya akan kami berikan SP2HP kepada pelapor atau korban sebagai cek and balance dalam proses penyidikan nantinya.” Tandasnya. (nov)

Penulis : Dian Nova Wiranto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Vickhy Merani LND

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password