Akibat Rem Blong, Truk Boks Terguling di Desa Gitgit Buleleng

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Buleleng melaksanakan pengaturan arus lalu lintas dan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) kecelakaan lalu lintas tunggal (out of control) yang terjadi di Jalur Singaraja Denpasar tepatnya di KM 12 – 13, Desa Gitgit, Sukasada, Buleleng, Kamis (27/7). Kegiatan tersebut dipimpin KBO Sat Lantas Polres Buleleng Iptu Ida Bagus Astawa, S.H dengan didampingi Kanit Laka IPTU I Dewa Made Ardana dan Kanit Dikyasa IPTU Ni Nengah Kendrawati.

WhatsApp Image 2017-07-27 at 22.37.10Berdasarkan kronologis kejadian bahwa kecelakaan yang terjadi pada pukul 05.30 Wita ini, berawal dari kendaraan truk boks DK 9488 MA yang dikemudikan oleh Suwardi, beralamat Jalan Raya Sesetan No. 9 Denpasar Selatan datang dari arah Selatan menuju Utara. Pada saat tiba di TKP dengan kondisi jalan turunan, Suwardi tidak bisa menguasai kendaraan karena remnya blong (tidak berfungsi). Saat itu juga truk boks langsung menabrak tiang listrik dan terguling ke tebing sedalam 10 meter. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, akan tetapi kerugian material yang ditafsir sebesar Rp 10 juta. Kemudian kasus Lakalantas ini ditangani oleh Unit Lantas Polsek Sukasada.

Saat dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Buleleng AKP Adi Sulistyo Utomo, S.I.K membenarkan adanya kejadian tersebut. Terjadinya Lakalantas ini, disebabkan kelalaian sopir yang kurang memperhatikan kondisi kendaraan. Hal ini dapat dilihat dari rem kendaraan yang tidak berfungsi sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan. “Padahal sebelum melakukan perjalanan, seharusnya sopir memeriksa kondisi kendaraan secara rutin untuk mengetahui kondisi kelayakan kendaraan,” ujarnya.

AKP Adi Sulistyo Utomo, S.I.K menambahkan bahwa dengan adanya kejadian ini, jalur jalan Singaraja Denpasar sempat mengalami kemacetan. Namun kemacetan tersebut bisa cepat terurai akibat keberadaan dan kesigapan polisi lalu lintas yang melaksanakan pengaturan arus lalu lintas. “Para sopir dan pengguna jalan lainnya harus tertib berlalu lintas. Jadikan keselamatan sebagai kebutuhan yang paling utama,” imbaunya.

Penulis  : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish  : Putu Endy Diatmika

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password