Luar Biasa, Personil Polsek Selakau Berhasil Amankan Pelaku Peti

Buduk Sempadang, Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu, S.H.,M.H memimpin penindakan kegiatan Peti ( Penambangan Tanpa Ijin ) oleh oknum masyarakat bersama 5 anggota unit Reskrim Polsek Selakau di Mungguk Akar lokasi kebun Sawit PT.TRPP Tanjung Rhu Dsn. Selobat Desa Buduk Sempadang Kec. Selakau Timur Kab. Sambas.

Hasilnya 6 personil berhasil mengamankan pelaku pelaku Peti di tengah hutan, keuletan dan kerja keras Kapolsek beserta anggotanya dapat membuahkan hasil. Pimpinan Polsek Selakau menghentikan kegiatan tambang, mengamankan dan membawa pelaku ke mapolres sambas dilakukan dgn cara komunikasi persuasif dan humanis agar para pelaku tambang bertindak sesuai dgn yg diarahkan oleh kapolsek sehingga dalam penindakan sampai pelaku tiba di mapolres Sambas dapat berjalan aman, tertib, lancar dan tdk menimbulkan kegaduhan dan perlawanan. Canda dan gurau antara pelaku tambang dan personil polsek selakau menyelingi rangkaian penindakan. Seandainya kami lakukan upaya paksa pastinya akan membuat kami kewalahan tutur Ronald.

Sebelumnya usaha serupa sudah dilakukan Polsek Selakau untuk penindakan dan penegakkan hukum penambangan tanpa izin (PETI) beberapa waktu lalu, usaha pertama tersebut gagal terlaksana disebabkan karena setiap tiba di lokasi penambangan tidak ditemukan penambang dan kegiatan tambang. Kerja keras sebelumnya yg memakan waktu 2 hari 3 malam tersebut sia-sia dlm upaya personil polsek untuk menangkap pelaku dan pemodalnya.

Perjuangan tidak terhenti pada hari itu, keesokan harinya 12 personil samapta Polres Sambas yg dipimpin oleh ipda jayeng, kapolsek selakau beserta personilnya masih harus mengemas, mengamankan alat2 yang digunakan utk melakukan penambangan yang didapat dari 2 lokasi. Agar barang bukti tidak hilang malam sebelum dilakukan pembongkaran, petugas dari polres dan polsek tsb terpaksa harus tidur dan bermalam dilokasi tambang hutan belantara yg gelap gulita.
Selasa pagi 25/7/2017 alat2 tsb di bongkar utk dibawa ke Polres Sambas melalui rute Mayasopa – Singkawang – Mapolres Sambas. Alat2 tambang yang berhasil di amankan petugas 2 buah alat dulang, 1 set alat pembakar, 4 unit mesin dompeng, 2 buah selang spiral, 2 buah pipa paralon, 1 buah jerigen yg berisikan solar, 1 buah selang penyedot, 2 lembar karpet dan puyak/pasir emas & 1 kantong air raksa. Terhadap alat2 lainnya yg tdk dapat dibawa dilakukan pemusnahan dgn cara dibakar.

Kanit Reskrim Polsek Selakau Aiptu Isbagio yang ikut terlibat dalam penangkapan tersebut menuturkan bahwasanya anggota sudah melakukan penyelidikan jauh-jauh hari, kami kerahkan anggota intel dan reskrim utk berangkat ke lokasi tambang agar situasi dan lokasi dapat tergambar sehingga kita bisa menentukan pola / cara bertindak agar kegiatan dapat berhasil dgn baik dan lancar.

Operasi Penertiban Peti di Kab. Sambas marak dilakukan, Kapolres Sambas AKBP Cahyo Hadiprabowo S.H, S.IK melalui Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu, S.H.,M.H menginstruksikan kepada anggotanya utk tdk terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam berlangsungnya kegiatan PETI di wilayah Kabupaten Sambas khususnya. Apabila terdapat akan ditindak tegas tanpa pandang bulu tutup Ronald.

Admin Polri55950 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password