Temu Nitizen di Jogja, Bangun Budaya Positif dalam Bermedia Sosial

Tribratanews.polri.go.id. -Jogja, Divisi Humas Mabes Polri menggelar pertemuan dengan warga net (netizen) di Daerah Istimewa Yogyakarta di Rich Hotel Melati Sleman, Rabu (26/7/2017), kegiatan yang dihadiri 150 warga net ini bertemakan Mitra humas bersama Polri membangun budaya positif dalam bermedia sosial. Acara yang dibalut dengan bincang santai ini menghadirkan narasumber dari Divhumas Polri yakni Kepala Biro PID Div Humas Polri Brigjen Pol Drs. Adnas , M.Si., Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si.

Karo PID mengawali sambutannya menyampaikan penekanan bahwa dalam memberikan informasi di media sosial diwajibkan bersifat akurat, utuh, sumber jelas dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga informasi yang dimuat di media sosial dapat membantu kepada masyarakat untuk kegiatan yang positif. Divhumas Polri berharap adanya partisipasi dari netizen dapat menggunakan media sosial untuk media informasi.

“Dapat digunakan sebagai sarana edukasi, kekeluargaan dan bisa mempersatukan bangsa indonesia, dan tentunya bisa menekan angka kriminalitas,” tambah Karo PID.

Kapolda DIY pun turut memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Kapolda menyampaikan bahwa fenomena sekarang banyak masyarakat yang disibukkan dengan gawainya (gadget) masing-masing.

“Hari ini dan kedepan kita hidup seperti bunglon yang hidup di dunia nyata dan hidup di dunia maya,” sambung Kapolda.

Di era saat ini memang sudah banyak informasi-informasi yang termuat dalam media sosial sehingga jika kita tidak mengikuti perkembangan zaman, kita akan ketinggalan informasi. Dengan sangat pesatnya teknologi perkembangan media sosial akhir-akhir ini, media sosial tidak hanya memberitakan berita yang positif bahkan berita negatif pun sudah banyak berkembang dan menimbulkan pemberitaan yang disebut “Hoax”. Masyarakat harus selektif dalam menanggapi berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

“Masyarakat harus berhati-hati untuk mendownload berita-berita yang belum tahu keasliannya,” pesan Kapolda.

Selain Karo PID Divhumas Polri dan Kapolda DIY hadir sebagai narasumber, pada acara tersebut juga menghadirkan Sesditjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Dra. Mariam F. Barata dan Naomi Lania dari Team Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRC PA). Dan di akhir acara dilakukan foto bersama dengan para netizen.

penulis : Rendi jogja
editor: Umi Fadilah
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password