Ditreskrimsus Polda Jatim Ungkap Tuntas Pencemaran Limbah Impor Korea

Tribatanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur,  Direktorat Reserse Kriminal Khusus, (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Jawa Timur akan mengungkap tuntas kasus limbah yang membuat puluhan warga Rusunawa Romokalisari Surabaya, keracunan Kamis, (13/7/2017) lalu.

Unit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Ditreskrimsus Polda Jatim sudah menerima limpahan kasus dari Satreskrim Polrestabes Surabaya, tepatnya pada Jumat, (14/7/2017) lalu. Selain itu untuk tersangka masih tetap tiga orang yaitu, Muhammad Faizi (41) warga Bungah Gresik, Soni Eko Cahyono (38) warga Krembangan-Surabaya dan Hadi Sunaryono (49) warga Kebomas, Gresik.

“Polda Jatim akan mengusut dan menelusuri kasus ini secara tuntas.Untuk tersangka masih tiga orang. Dan saat ini, Rabu (26/7/2017) sudah 14 orang diperiksa. Namun masih menunggu hasil laboratorium mengenai limbah tersebut.

Barung melanjutkan, polisi akan melakukan penelusuran lebih dalam tentang limbah tersebut. Dari formil dan materil Polda Jawa Timur akan memeriksa betul walaupun sudah dikatakan B3.

“Saat ini PT IJS, belum terbuka terutama tentang barang itu. Dia menunjuk dari Lampung, Sumatera dan Jakarta,” ujar Barung kepada wartawan.

Dikatakan oleh Barung, kendati kemarin barang tersebut dikatakan impor berasal dari Korea namun pihak kepolisian akan lebih mendalam lagi menyelidiki tentang barang tersebut. Didistribusikan ke siapa dan akan digunakan untuk apa.

“Yang menjadi perhatian kami adalah mengenai prosedur pendistribusian. Apakah ada yang dilanggar,” tandas Kombes Brung-sapaan akrabnya semabari menambahkan sejauh ini pihak kepolisian telah mengamankan barang bukti empat buah kontainer barang bukti yang belum dibuang, yang sebelumnya disimpan di Depo Indra Jaya Swastika, Jalan Kalianak, nomor 57 A, Surabaya.

Seperti diberitakan sebelumnya akibat pembuangan limbah beracun yang dilakukan tersangka di sungai dekat Rusunawa Romokalisari, Kamis, (13/7/2017) lalu, sedikitnya 10 orang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharmahusada untuk mendapatkan perawatan. Selain itu puluhan warga penghuni rusun lain juga diungsikan karena sengatan bau limbah yang tajam

 

 

Penulis : Herry

Editor    : Umi Fadilah

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password