Antisipasi Bahaya Narkoba Dan Radikalisme, Dit Binmas Polda Sulbar Laksanakan Sosialisasi Kepada Pelajar

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Ancaman Narkoba, Radikalisme dan Terorisme akan selalu mengintai masyarakat, apalagi saat ini yang menjadi sasaran adalah Generasi Muda. Untuk itu, Generasi Muda ini perlu ditekankan pemahaman akan bahaya yang sudah meresahkan masyarakat tersebut.

Dit Binmas Polda Sulbar akhirnya tak pernah lelah untuk melakukan Sosialisasi Wawasan Nusantara dan Kebangsaan, serta bahaya paham Radikalisme dan Terorisme, Fokus Group Discussion (FGD) Kepada Pelajar sekolah-sekolah. (Rabu 26 juli 2017 pukul 08.30 Wita) Di Aula Mapolda Sulbar.

Dir Binmas Polda Sulbar dalam Kesempatannya Mengatakan Bahwa Bagaimana pun juga para Pelajar adalah generasi penerus bangsa. Mereka harus menjadi generasi yang sesuai harapan pahlawan yang telah berjuang demi Bangsa dan Negara.  Jadikan ilmu yang didapat sebagai Pedoman dan pegangan dalam rangka menghindar dari penyalahgunaan Narkotika serta sampaikan kepada Keluarga, Saudara, Teman-teman, dan handal taulan kita yang belum sempat mengikuti sosialisasi seperti ini.” Ia juga mengajak semua pihak untuk memberi pengertian tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika dengan Tekun dan Sabar melalui Komunikasi dan Sosialisasi yang Efektif sejak dini. Terang Dir Binmas Polda Sulbar.

Dalam Acara ini juga Diberikan Sesi Tanya Jawab Untuk Peserta Yanghadir, Ada Beberapa Tanggapan yang disampaikan para Siswa Siswi Diantaranya: menyampaikan bahwa Faham Radikalisasi merupakan Cikal Bakal tumbuh dan bekembangnya Terorisme di Indonesia, oleh karena itu bagaimana mengantisipasi masalah hal tersebut…? Tanggapan dari peserta lainnya  menyampaikan bahwa,  Pelaku Terorisme biasanya menghalalkan segala cara, termasuk penyalahgunan Narkoba, anggapan tersebut apa benar pak…??  Tanggapan dari salah seorang Peserta yang lainnya menyampaikan  bahwa, Faham Radikalisme adalah suatu kepercayaan yang diyakini kebenaranya, sehingga tindakannya dianggap benar , termasuk membunuh orang, bahkan bunuh diri sekalipun, apa kiat Polda Sulbar untuk mengantisipasi hal tersebut.…? Tanggapan dari Peserta yang lain bahwa penyalahgunaan Narkoba sekarang ini Marak dilakukan tidak hanya ditempat Hiburan Malam, Organ Tunggal , namun di tempat Penjualan Bandrek yang House Music dan tempatnya Remang – Remang sering juga digunakan oleh pemakai Narkoba untuk menyalahgunakan Narkoba, apa tindakan Polda Sulbar….?

Selanjutnya yang berkaitan dengan Radikalisme Dir Binmas mengatakan, bahwa kini paham-paham Radikalisme memiliki pola-pola yang lebih Kompleks dalam hal Rekruitmen, agar masyarakat terutama Remaja dan Pelajar tidak mudah terjerumus dalam paham tersebut sangat dibutuhkan Peran tokoh agama yang memberikan pemahaman Agama yang benar sehingga Masyarakat terhindari dari pengaruh paham Radikalisme. Pada saat ini Teroris menyerang anggota Polri dan Markas-Markas Kepolisian, tidak seperti sebelumnya Terorisme menyerang tempat Ibadah dan tempat-tempat yang mejadi tujuan Bangsa Asing, karena tempat-tempat tersebut adalah jendela Indonesia dimata Dunia, dan Peristiwa penyerangan tersebut dengan cepat dapat ditangani oleh Kepolisian. Sehingga Teroris merubah sasaran dan menyerang Anggota Polri dan Markas Kepolisian, tujuannya tidak lain adalah menyebar Ketakutan, jika Kepolisian sudah merasa takut, bagaimana dengan masyarakat, dan mereka menyebarkan isu menganggap Polri dan pemerintah adalah bagian dari Thogut atau musuh yang wajib dimusuhi. Ucapnya

Hal lainnya yang menjadi perhatian Polri saat ini, adalah isu yang disebarkan melalui Media Sosial dimana para Terorisme terus menebarkan Isu yang membenturkan Kelompok Muslim dengan Kepolisian dan Pemerintah, seolah-olah Polri sedang berupaya memusuhi Islam.

“Ini sungguh Isu yang tidak masuk akal dan tidak benar, dan Internet adalah salah satu media yang dapat diakses siapa saja Baik Kalangan Deswasa, Remaja bahkan anak-anak Sekalipun.

Penulis : Indra Reskiawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andii Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password