Personil Kepolisian Polda Sulbar Amankan Kegiatan Festival Budaya Islami dan Khatam Qur’an TPQ Binaan Pemkab. Mamuju Tahun 2017

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Telah berlangsung kegiatan Festival Budaya Islami dan Khatam Qur’an TPQ Binaan Pemkab. Mamuju tahun 2017 dengan tema “Melalui Festival Budaya Islami Kita Wujudkan Mamuju Sebagai Daerah Berbudaya, Ramah, Beriman dan Bebas Buta Aksara Al- Qur’an” di Anjungan Pantai Manakarra Jl. Yos Sudarso Kec. Mamuju Kab. Mamuju Selasa (25/07/17) Sekitar Pukul 15.30 Wita.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Mentri Agama RI Bapak Lukman Hakim Saifuddin beserta Ibu Trisna Willy Lukman Hakim Saifuddin, Wagub Sulbar, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Nandang, MH, Kepala BNNP Prov. Sulbar, PJU Polda Sulbar, Kapolres Mamuju, Bupati Mamuju, Wakil Bupati Mamuju, Pimpinan FORKOPIMDA Lingkup Prov. Sulbar, Pimpinan OPD Lingkup Prov. Sulbar, Pimpinan OPD Lingkup Kab. Mamuju, Toga, Tomas dan undangan dengan jumlah sekitar 300 orang.

Adapun pelaksanaan giat Khatam Quran diawali penampilan Marawis binaan Pemkab Mamuju yang dilanjutkan dengan Prosesi Khatam Quran di pimpin oleh Ketua MUI Kab. Mamuju KH. Namru Asdar S,Ag dan H. Patola Dg. Sibali dan Prosesi Wisuda Santri sekaligus penyerahan Piagam Penghargaan secara Simbolis oleh Bupati Mamuju.

Selanjutnya, Tim Rekor MURI Indonesia dalam sambutannya mengungkapkan bahwa MURI telah mencatat 3 rekor untuk Kab. Mamuju dan saat ini MURI kembali mencatat Wisuda / Khatam Santri terbanyak berjumlah 7768 Santri yang kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Sertifikat oleh Tim Rekor MURI kepada Bupati Mamuju, Kepala Kantor Kementrian Agama dan Kapolres Mamuju.


Sementara itu, Mentri Agama RI dalam arahannya mengatakan bahwa Nilai Agama seperti giat Khatam Al-Quran saat ini telah mulai dilupakan tetapi di Kab. Mamuju hal tersebut tetap terjaga dan hal tersebut sangat membanggakan. Selain itu Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Mamuju yang telah menyelenggarkan kegiatan Khatam Al-Quran dan telah menjaga baik tradisi dan kebiasan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, Nilai-nilai Agama dan budaya yang baik harus tetap dijaga dan kearifan lokal yang ada harus disikapi secara Bijak dan tidak berlebihan agar kearifan Loka yang ada tetap terjaga dengan baik.
Sedangkan Puluhan Ratusan Personil Gabungan Polri dan Instansi terkait melakukan pengamanan pada titik rawan untuk menjamin kegiatan Festival ini tetap berjalan sesuai dengan harapan sekaligus untuk menjaga keamanan dan Ketertiban tetap Kondusif.

Dalam kegiatan tersebut, Personil kepolisian Resort Mamuju juga turut menampilkan Kepiawaian Personil dalam kegiatan Marawis. kegiatan Berjalan Aman dan Kondusif Dengan Adanya Pengamanan Dari Pihak Kepolisian Polda Sulbar, Baik Brimob, Personil Polres Mamuju Serta Instansi Lainnya Yang juga turut Melakukan Pengamanan, Kegiatan berakhir pada pukul 17.10 Wita dalam keadaan aman Kondusif.

Penulis : Indra Reskiawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password