Polisi Lakukan Mediasi Pemalangan Jembatan di Pomako Mimika

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Mimika – Kapolsek Pomako Iptu Syamsul Hadi dan Kasat Polair Iptu Barnabas bersama 12 personelnya mendatangi TKP Pemalangan dan melakukan mediasi yang bertempat di Jembatan Pomako Kab. Mimika, Selasa (25/07/2017) Siang.

Jembatan pomako yang merupakan jalan raya poros menghubungkan area pelabuhan pomako menuju kota Timika, telah terjadi aksi pemalangan jalan yg dilakukan oleh warga masyarakat adat suku Kamoro dan Asmat berjumlah kurang lebih 500 orang dengan menggunakan kayu dan ranting pohon.

Adapun penyebab dikakukannya aksi pemalangan tersebut dikarenakan warga masyarakat Suku kamoro dan Asmat yang bermukim di kampung Pomako sangat dirugikan dengan keberadaan masyarakat Nelayan lain yang selalu beroperasi atau melakukan kegiatan menjaring ikan maupun hasil laut lainnya di perairan Mimika.

Polisi Lakukan Mediasi Pemalangan Jembatan di Pomako Mimika 2

Hal ini yang mereka  menilai bahwa keberadaan nelayan tersebut sangat mengurangi pendapatan atau hasil laut.  Berdasarkan hal itu warga masyarakat nelayan suku Kamoro dan Asmat menuntut agar para nelayan tersebut secepatnya menghentikan atau mencabut aktifitas nelayan atau mencari ikan di perairan Mimika, dan hanya diperbolehkan sebagai pihak pembeli ataupun pengumpul hasil laut di daratan saja.

Personil Polsek Kawasan Pelabuhan Pomako yang berjumlah 15 personil, personil Sat Polair berjumlah 10 personil, Koramil Mapurujaya sebanyak 3 personil, Polsek Mimika Timur sebanyak 3 personil dan Distrik Mimika Timur 2 personil dipimpin Kapolsek Pelabuhan Pomako Iptu Samsul Hadi menemui kelompok massa yang mekakukan pemalangan dan melakukan negosiasi agar aksi pemalangan tersebut  segera dibuka karena melanggar aturan hukum dan secepatnya membahas permasalahan ini dengan hati yang dingin dengan cara mencari solusi dengan rapat  atau  duduk bicara bersama dengan pihak Pemda Mimika.

Upaya negosiasi Kapolsek pelabuhan Pomako dan Kasat Polair Res Mimika denga massa pemalangan berhasil membuka palang dan selanjutnya melakukan kesepakatan untuk pertemuan di Kantor Kelautan dan Perikanan Kab.Mimika dengan difasilitasi oleh pihak  Dinas Kelautan Perikanan Pemda Mimika.

Penulis :  Iqbal Saleh
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Marthen L E

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password