Polisi Pengucap Pancasila, Anak Seorang Petani

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri. Setiap hari Senin seperti biasa personel Polres Balikpapan melaksanakan apel pagi gabungan, yang mana dalam apel pagi tersebut diikuti personel Polres Balikpapan dan Polsek jajaran.

IMG-20170724-WA1086Dalam apel pagi gabungan tersebut langsung dipimpin oleh Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta.

Seperti biasa disela-sela apel, Kapolres Balikpapan memanggil peserta apel untuk tampil ke depan untuk mengucapkan Pedoman Hidup Polri yakni Tribrata Dan Catur Prasetya.

Namun ada yang berbeda dari apel tadi pagi, yang mana Kapolres Balikpapan memanggil 3 personel untuk tampil kedepan, selain sebagai pengucap Tribrata dan Catur Prasetya juga sebagai pengucap Pancasila.

Lihat Videonya: Polisi Pengucap Pancasila Anak Seorang Petani

Ini merupakan pertama kalinya dalam pelaksanaan apel pagi di Polres Balikpapan, dan yang beruntung dan bertindak sebagai pengucap Pancasila yakni Hermanto. Anggota Satuan Sabhara Polres Balikpapan yang berpangkat Bripda ini merupakan Polisi lulusan Pembentukan Brigadir Polri pada tahun 2013.

Semua orang pasti bisa menebak kalau dilihat dari namanya, Bripda Hermanto merupakan Polisi asal Jawa. Namun ternyata lain, Bripda Hermanto merupakan polisi keturunan Bali.

Orangtua Bripda Hermanto yang seorang petani di daerah Perigi, Palu, Sulawesi Tengah ini merupakan warga asli dari Pulau Dewata (Bali).

Dan diberi nama Hermanto karena di tempat tinggal orangtuanya di daerah Palu kebanyakan warganya dari pulau jawa, karena orangtua Hermanto merupakan salah satu dari warga yang ikut program transmigrasi beberapa tahun silam.

“Saya pribadi tidak menyangka kalau Bripda Hermanto adalah orang Bali saya kira orang jawa,” tutur Kapolres Balikpapan saat selesai apel pagi di hadapan Pejabat Utama Polres Balikpapan.

Saat ditanya soal pengucapan Pancasila, Kapolres Balikpapan mengatakan bahwa selain wajib hafal Pancasila, personel Polri khususnya Polres Balikpapan harus bisa mengamalkan dengan mengimplementasikan dalam diri sendiri maupun saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mulai hari ini, setiap apel hari Senin wajib ada pengucapan Pancasila, dan mudah-mudahan ini memberikan teladan dan contoh kepada instusi warga Balikpapan, bahwasanya Polri yang juga bagian dari warga Balikpapan adalah Pancasila dan Indonesia, ” pungkas Kapolres Balikpapan.

Penulis: Tim
Editor: Umi Fadilah
Publish: Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password