Polres Bungo Bekuk Komplotan curanmor, Satu Pelaku Dilumpuhkan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Kepolisian Resort Bungo berhasil mengungkap sindikat spesialis curanmor (pencurian kendaraan bermotor) yang telah beraksi di 9 (sembilan) TKP, Sabtu (22/7/2017).

Empat orang Pelaku RK (24), HI (24), A (20), dan GA (26) selaku Eksekutor, serta dua orang pelaku AM (40), dan S (32) selaku penadah, berhasil ditangkap tim Sat Reskrim Polres Bungo. Mereka di tangkap oleh tim Sat Reskrim Polres Bungo yang telah mengantongi 9 (sembilan) LP.

Selain enam tersangka yang diciduk, Kepolisian Resort Bungo juga mengamankan sedikitnya tiga unit kendaraan bermotor berbagai jenis, kunci kontak, dan surat-surat kendaraan sebagai barang bukti.

Sesuai informasi tanggal 21 juli pukul 14.00 wib, bahwa di desa betung berdarah kab. Tebo ada 1( satu) unit sepeda motor yang akan di jual dengan ciri ciri seperti milik korban pencuriaan sesuai LP yang ada dengan harga Rp.2.500.000. kemudian tim opsnal Sat Reskrim Polres Bungo melakukan pendalaman yang akan membeli sepeda motor tersebut. Diketahui benar sepeda motor tersebut hasil curian, tim Opsnal langsung melakukan penangkapan.

“Pelaku telah melakukan aksinya sebanyak 9 unit yang tkpnya berada di Muara Bungo, dan untuk 1 (satu ) unit sepeda motor merek mio diambil dari penadah yaitu salah seorang suku anak dalam di Bangko.  Saat ini barang bukti yang kita amankan sebanyak 3 unit sepedamotor, guna proses hukum lebih lanjut” ujar Kapolres Bungo AKBP Budiman Bostang Panjaitan, SH, S.IK, MH.

Ia menjelaskan, sindikat ini memanfaatkan kelengahan pemilik baik saat beraksi di lokasi keramaian seperti pasar, pinggir jalan maupun lokasi sepi seperti rumah kos, kontrakan dan juga Wisma.

Dalam melakukan aksi kejahatan tersebut, pelaku menggunakan kunci T untuk merusak kontak kunci sepeda motor, hingga mesin bisa dinyalakan, selanjutnya motor langsung di bawa pergi. “Saat ini kita masih terus kembangkan kasus ini. Dan pasal yang disangkakan kepada para pelaku 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama lamanya tujuh tahun penjara dan pasal 480 KUHP Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya empat tahun,” pungkasnya.

Penulis : Satria / Res Bungo
Editor : Umi Fadilah
Publish : Satria / Res Bungo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password