Polsek Semitau Melaksanakan Sosialisasi Penanggulangan Karhutbun

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pada hari Senin 23/07/2017 jam 09.00 Wib bertempat di Kantor Desa Semitau Hilir telah dilaksanakan giat Sosialisasi Penanggulangan Karhutbun.

Dalam kegiataan tersebut dihadiri oleh Muspika Semitau, Perwakilan Danki Senapan C 642 Semitau, Plt. Kades Semitau Hilir beserta staf, Team Manggala Agni Kec. Semitau, Pihak Puskesmas Semitau, Bhabinkamtibmas Ds. Semitau Hilir dan Para kadus, ketua RT, Tomas, Todat, Toga dan unsur Elemen masyarakat Ds. Semitau Hilir.

Pada kesempatan tersebut Kanit Binmas Polsek Semitau Aiptu Ujang Suhardi menyampaikan bahwa Perlunya pencegahan dini oleh masyarakat mengingat bulan-bulan sekarang ini memasuki musim kemarau dan Perlunya persiapan alat pemadam kebakaran di tiap Desa untuk mengantisipasi dan mencegah apabia terjadi kebakaran.

“Dalam kegiatan sosialisai penanggulangan karhutbun kita mengharapkan kerjasama dari berbagai pihak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan lahan dan kebun baik itu dari pihak TNI /POLRI, MANGGA AGNI dan masyarakat. Sosialisasi ini kita laksanakan bertujuan untuk pencegahan awal dan memberikan pemahaman dini kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan kebun saat membuka lahan pertanian.

Semoga dengan kegiatan Sosialisasi ini masyarakat Kec.Semitau umumnya dan masyarakat Desa Semitau Hilir khususnya dapat memahami bahaya dan akibat dari pembakaran hutan dan lahan dan juga bisa mengurangai aktivitas pembakaran lahan dan kebun kedepanya ujar Kanit Binmas Aiptu Ujang Suhardi.

Selain itu Pihak Puskesmas Semitau juga menyampaian tentang dampak akibat kebakaran hutan dan lahan bagi kesehatan yang di sebabkan oleh asap seperti Infeksi saluran pernafasan akut ( ISPA ) Bronkotis, Asma Bronchilae, Sesak nafas, Rhintis Alergika dan Paru – paru. Apabila terjadi kebakaran kita harus menggunaan masker untuk melindungi hidung kita agar kita tidak langsung menghirup asap dari kebakaran tersebut dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan terang Dokter Yori.

Penulis : Mahadi Edma
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password