Polsek Seberuang Mediasi Pemagaran Jalan Perusahaan PT. AMS Oleh Masyarakat Petani Plasma

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu- Polsek Seberuang Minggu (23/07/2017) pukul 10.00 Wib s/d 01.00 Wib bertempat di Dusun Nanga Koyan, Desa Nanga Pala Kecamatan Seberuang.

Kapolsek Seberuang memimpin langsung ke tempat kejadian Pemagaran Jalan Perusahaan PT AMS (Anugerah Makmur Sejahtera) bersama 5 anggota lainnya. Kapolsek Seberuang Melaksanakan Mediasi pendekatan Persuasif untuk melakukan dan Negoisasi kepada Masyarakat pemilik Lahan Plasma dan Perusahaan PT AMS (Anugrah Makmur Sejahtera).

Kelompok Masyarakat Plasma Pemilik Lahan Mitra Perusahaan perkebunan Sawit di PT. AMS Yang menuntut berjumlah 60 Orang, perwakilan dari masyarakat yang berjumlah 570 Orang. Tergabung dari 3 Kecamatan yang bekerja di PT AMS mereka menuntut kejelasan hasil Plasma yaitu dari Kec. Seberuang, Kecamatan Semitau dan Kecamatan  Silat Hilir.

Masyarakat Plasma yang mempunyai atau bekerja di PT AMS yang melakukan Pemangaran/Portal, tidak memiliki ketua kelompok, mereka melakukan secara bersama-sama mengatasnamakan Masyarakat pemilik Laham Plasma.

Disamping itu Masyarakat petani Plasma melakukan Pemangaran/Portal, supaya kendaraan Angkutan Buah inti Perusahaan tidak dapat beroperasi. Karena Masyarakat berulang kali mengajukan tuntutan tidak di tanggapi pihak perusahaan Perkebunan Sawit PT. AMS. Adapun 5 tuntutan Masyarakat Plasma yang dibacakan oleh sdr. Tarigan yaitu
1. Porsi Pembagian Hasil INTI dan PLASMA tidak sesuai dengan yang dijanjikan Perusahaan, Pada tahun 2008 telah menyerahkan lahan ke pihak perusahaan PT. AMS dengan Pola Mitra bagi Hasil. Perjanjian awal antara pihak perusahaan terhadap Masyarakat pemilik lahan Pihak Perusahaan 80%. Masyarakat Plasma 20%. Sampai saat ini belum terpenuhi.
2. Pembagian Hasil terlalu kecil Masyarakat Petani dapat Konvensasi. RP. 50.000/Bulan/Hektar.
3. Tenaga Kerja Mengutamakan Masyarakat sekitar, yang berpendidikan Lulusan Sarjana, Perawat, Bidan, Guru, Mandor, dan Tenaga Panen buah.
4. Kejelasan Sertifikasi Lahan Plasma yang belum ada kejelasan dan Pembukaan lahan baru.
5. Dana CSR
– Intensip Pengurus Adat.
– Perbaikan jalan Dusun Nanga Ranyai dan Pala Hilir. Desa Nanga Pala. Pemagaran/Portal Jalan Perusahaan belum dapat dibuka sebelum tuntutan Masayarakat di penuhi oleh pihak perusahaan PT. AMS (Anugerah Makmur Sejahtera).

Pada saat itu di depan Kapolsek pihak Masyarakat dan perusahaan akan melakukan pertemuan kembali pada Hari Senin (31/7/2017) di Aula Kantor Kecamatan Seberuang. Yang dihadiri Perwakilan Masyarakat Plasma dari Tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Seberuang, Kecamatan Semitau, Kecamatan Silat Hilir dan 5 Desa, dan 10 Dusun.

Kapolsek juga menyarankan untuk penyelesaian masalah tersebut agar dilibatkan Tim TP3K tingkat Kabupaten Kapuas Hulu, Dinas Perkebunan, Dinas Koperasi serta Muspika Kecamatan Seberuang dan Perwakilan pihak perusahaan PT AMS (Anugerah Makmur Sejahtera) ungkap Kapolsek Seberuang.

“Agar Masyarakat tidak melakukan tindakan anarkis ataupun tindakan yang merusak alat milik perusahaan PT. AMS (Anugerah Makmur Sejahtera) yang dapat merugikan Pihak perusahaan dan pihak Masyarakat yang melanggar hukum serta tetap menjaga Keamanan yang kondusif di Kecamatan Seberuang,” ucap Iptu Simanjuntak.

Penulis : Teguh
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password