Wartawan Yang Menjebak Untuk Melakukan Pemerasan Dijebloskan ke Tahanan

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur, Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo SH SIK, Senin (24/7/2017) amankan oknum wartawan yang terlibat pemerasan. Padahal pihak kepolisian  tidak main-main untuk memberantas segala bentuk pemerasan, lebih-lebih yang terkait dengan profesi wartawan.

Hal itu diungkap Polsek Patrang, Polres Jember dan pelaku Moch Abdullah (52) mengaku sebagai wartawan Tabloid Investigasi Global, yang diduga peras pejabat. Pria yang beralamat di Lingkungan Poreng, Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Jember, ini ditangkap di Depan SDN Jember Lor II, Jember.

Penangkapan tersangka bermula Jumat lalu (21/7/2017) saat ia sengaja menjebak korban (seorang PNS Kabupaten Jember) dengan “umpan” seorang wanita di sebuah hotel kelas melati. Ketika dua pasangan terlarang itu keluar dari hotel, tersangka yang sejak awal nyanggong di sekitar hotel, langsung menodong korban dengan sejumlah permintaan. Tidak tanggung-tanggung, tersangka meminta uang Rp 15 juta pada korban.

“Atau kalau tidak, kasusnya akan dilaporkan ke Bupati Faida dan dimaraikan di koran,” tukas Kapolres Jember, AKBP. Kusworo Wibowo, SH, SIK. Setelah negosiasi, disepakti korban hanya mampu bayar Rp. 5 juta. Itupun turun lagi hingga menjadi Rp. 2 juta. separuhnya sanggup dibayar keesokan harinya bertempat di depan SDN Jember Lor.

Namun malam harinya, korban mengontak Polsek Patrang. Dan skenario penangkapan pun dibuat. Kapolsek Patrang langsung turun tangan memimpin penangkapan.  “Dan akhirnya bisa kita tangkap dengan mudah,” jelas Kapolres.

Sementara dari tangan pelaku polisi juga  menyita barang bukti sebuah tabloid,  ID Card Pers Tabloit Investigasi Global yg tercantum foto dan nama tersangka,  1 buku  notes book, 1 bolpoin,  2  HP merk asus dan Samsung, serta uang tunai Rp.1.000.000.

Atas perbuatannya,  tersangka  dijerat dengan pasal  368 ayat (I) sub pasal 369 ayat (I), ayat (2)KUHP. “Tersangka kami tahan untuk proses penyidikan lebih lanjut,” tambah Kapolres.

Penulis : Herry

Editor    : Umi Fadilah

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password