Kapolsek Laweyan Berhasil Memediasi Perselisihan antara Taksi Uber dengan Taksi Konvensional

⁠⁠⁠Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta – Perselisihan antara pengemudi taksi konvensional dengan pengemudi taksi berbasis online Uber terjadi di Solo, Jumat (21/97/2017). Masalah dipicu oleh dua orang pengemudi Uber, Janto (24) dan Gilardi (27) yang mengambil penumpang di kawasan Stasiun Purwosari Laweyan Surakarta, dimana di tempat yang sama telah ada pangkalan taksi konvensional disana.
Tak terima dengan aksi kedua pengemudi Uber ini, sekelompok pengemudi taksi konvensional yang sedang mangkal di lokasi tersebut menangkap keduanya lalu menyerahkan ke Polsek Laweyan untuk ditindak. Kabar ini cepat meluas sehingga kedua kubu masing-masing mengerahkan massa dari sesama pengemudi taksi ini, menuju Polsek Laweyan yang sedang menangani kejadian tersebut.
Kapolsek Laweyan Kompol Santoso SE MH dengan sigap memediasi kedua kubu untuk berdialog dan menyelesaikan permasalahan ini. Kapolsek menerangkan bahwa keberadaan taksi Uber di Solo memang belum ada payung hukumnya untuk beroperasi atau ilegal. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Walikota Surakarta dan DPRD Kota Surakarta kepada massa aksi menolak keberadaan Uber di Solo beberapa waktu lalu. Karena itu kepada kedua pengemudi Uber yang ditangkap dilakukan penindakan Tilang dan membuat surat pernyataan yang isinya tidak akan mengulangi perbuatannya kembali. Kemudian kepada massa pengemudi Uber lainnya Kapolsek Laweyan menghimbau untuk tidak beroperasi karena belum adanya legalitas dari Pemerintah Kota Solo.
Kapolsek Laweyan juga mengapresiasi kejadian ini tidak diselesaikan dengan anarkhis dan menyerahkan kepada kepolisian untuk menangani. Selanjutnya disampaikan himbauan kepada kedua kubu untuk bertemu, berdialog melibatkan Dishub Kota Surakarta untuk mencari solusi terbaik, sehingga apapun hasilnya agar dipahami dan ditaati bersama. Atas mediasi ini kedua kubu sepakat untuk bertemu dalam waktu dekat dan Uber menghentikan operasionalnya sampai dengan ada keputusan yang sah. Mediasi berjalan aman dan lancar hingga massa membubarkan diri dengan tertib.
Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

Admin Polri54150 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password