Personil Sendana Kawal dan Amankan Kegiatan Ritual Arak-arakan Kuda dalam Rangka Penamatan Al-Qur’an (Messawe Totamma)

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Ritual Arak-arakan Kuda dalam rangka penamatan Al-Qur’an (Messawe Totamma) tingkat SD kembali digelar masyarakat, tepatnya di Dusun Poniang Tengah Desa Tallubanua Kec. Sendana Kab. Majene. Minggu (23/07/17) sekitar Pukul 09.30 Wita.

Kegiatan kali ini, dirangkaikan pula dengan Halal Bil Halal yang mengangkat tema “ Generasi Muda Inspiratif, Kreatif dan Berakhlak mulia untuk membangun Bangsa ”.

Dalam pelaksanaannya, seluruh siswa Min Poniang dan remaja masyarakat Desa Tallubanua juga ikut meramaikan arak-arakan. Sedikitnya 20 Ekor Kuda yang di gunakan untuk melangsungkan ritual tersebut sebagai ungkapan rasa syukur terhadap anak-anak yang Khatam (Tamat) Alquran (Messawe To Tamma) dan telah menjadi Tradisi Turun Temurun di Bumi Mandar.

Demi kelancaran dan keamanan ritual Arak-arakan Sayyang Pattudu (kuda menari) ini, Personil Polsek Sendana yang dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Muh. Thamrin Nur, SH melakukan pengawalan dan pengamanan.

Selain mengawal dan mengamankan pelaksanaan kegiatan Sayyang Pattudu para personil juga melakukan pengaturan arus lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan sekaligus mengantisipasi terjadinya potensi kecelakaan Lalu Lintas.

Tidak hanya itu, sesekali para personil juga memberikan himbauan kamtibmas agar masyarakat sekitar tetap memperhatikan keselamatan jangan sampai terinjak oleh kuda, serta memperhatikan barang bawaan untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan seperti copet dan sebagainya. Tuturnya

Antusias masyarakat sekitar sangat terlihat jelas dalam meramaikan kegiatan Messawe Totamma / Khatam Alquran, sampai-sampai arus Lalu Lintas sempat macet namun bisa cepat di atasi dan Diantisipasi oleh Personil Polsek Sendana.

Penulis : Dhyman

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password