Dapat Apresiasi Kapolda, Kapolres Soppeng Ajak Anggota Pertahankan Sinergitas dengan TNI dan Pemerintah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Sopeng Akbp Indra Lutrianto Amstono memimpin apel jam pimpinan, yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres Soppeng, Senin (24/7/17) pukul 07.30 Wita. Kegiatan tersebut dihadiri para pejabat utama Polres Soppeng setingkat Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasubbag, Kasie, para Perwira dan personil Polres Soppeng serta perwakilan Polsek jajaran.

Dalam kesempatanya saat memberi sambutan apel pagi, Kapolres Soppeng meneruskan penekanan Bapak Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, terkait kesipsiagaan, kehadiran dan kedisiplinan personel, Kapolres Soppeng menekanan agar personil Polres Soppeng yang meninggalkan wilayah hukum harus disertai surat ijin resmi dari kesatuan, untuk personil yang tidak menaati peraturan dan melakukan pelanggaran tentunya akan ditindak tegas melalui Propam.

Penekanan berikutnya yaitu peningkatan motivasi dan semangat, Kapolres Soppeng mengungkapkan, “kita tentunya sepakat untuk menjadi luar biasa, olehnya itu mari kita bercita cita memberikan inovasi, apalagi di Soppeng ini sangat berpotensi untuk menjadi istimewa, banyak kegiatan yang bisa digali, direncanakan, untuk mengembangkan Polri, dan diri pribadi,”.

Selanjutnya Kapolres Soppeng menyampaikan pembentukan Ton Siaga, ia menjelaskan Ton Siaga ini terdiri dari personil gabungan Satfung, dibawah kendali Bag Ops Polres Soppeng yang bertugas untuk melaksanakan siaga mako, patroli gabungan, back up Polsek jajaran, guna mereduksi dan mencegah gangguan Kamtibmas.

Kapolres Soppeng juga menekankan agar sinergitas dan kemitraan terus ditingkatkan, terkait apresiasi Kapolda Sulsel untuk Polres Soppeng yang mewujudkan sinergitas dengan TNI, Pemkab dan Stakeholder terkait, Kapolres Soppeng mengungkapkan bahwa hal tersebut bukan hal yang mudah, bukan hal yang singkat untuk menyatukan Visi karena masing masing memiliki ego sektoral, dan itulah yang berhasil kita tekan dan ciptakan di Kabupaten Soppeng, Kapolres Soppeng mengharapkan agar kebersamaan dan sinergitas yang terjalin agar dipertahankan, mulai dari tingkat Desa melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Kecamatan Kapolsek dan Koramil sampai tingkat Kabupaten yang kesemuanya akan dibingkai dalam program 3 Pilar.

Selanjutnya rencana kegiatan Coffee Morning rutin pada Selasa (24/7) besok, dijadwalkan akan dilaksanakan di Polsek Lalabata, dengan mengikutsertakan perwakilan masing masing Satfung. Terakhir Kapolres Soppeng menyampaikan agar optimalkan semua kegiatan, optimalkan pelaksanaan tugas, tingkatkan sinergitas, jalin kerja sama, dan komunikasi dalam bertugas.

Implementasi sinergitas TNI dan Polri merupakan amanah dari undang-undang untuk menyelenggarakan usaha pertahanan dan keamanan Negara.Beberapa permasalahan sering kali terjadi di lapangan dalam sinergitas antara TNI dan Polri.Bahkan dapat mempengaruhi profesionalisme dalam memantapkan stabilitas keamanan nasional.Dalam perspektif tujuan nasional, keberhasilan penyelenggaraan pembangunan nasional sangat lekat hubungannya dengan stabilitas keamanan nasional.Sedangkan inti dari stabilitas keamanan nasional adalah profesionalisme TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas pertahanan negara dan keamanan negara.

Dalam hal ini, sinergitas berupa kesatuan persepsi, keterpaduan, sinkronisasi dan harmonisasi dalam pembangunan ker-jasama antar institusi TNI dan Polri untuk meningkatkan profesionalisme, merupakan dasar mantapnya stabilitas keamanan nasional.

Peningkatan profesionalisme melalui implementasi sinergitas TNI dan Polri untuk memantapkan stabilitas keamanan nasional akan memberikan konstri-busi dalam keterpaduan pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan perannya, terutama dalam penyelenggaraan operasional di satuan bawah secara detil.

Perlunya meningkatkan silaturahmi bersama antara TNI dan Polri sebagai upaya di dalam mewujudkan sinergitas agar terjalin komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dengan tetap mengedepankan etika dan budaya, sehingga suasana kekeluargaan sebagai aparatur negara di wilayah bisa terjaga dengan baik.

Penulis : Harmeno

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri54146 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password