Kapolres Cek Kesiapan Personil Pengamanan Pilkampung di 56 Kampung Se-Kabupaten Biak Numfor

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Sesuai jadwal pemilihan kepala kampung yang telah ditetapkan Pemerintah Daerah Biak Numfor yaitu pada tanggal 24 Juli 2017, menyikapi hal itu, Polres Biak Numfor melaksanakan Apel persiapan pengamanan yang digelar di Lapangan apel Taruna Bhayangkara Polres Biak Numfor pada Sabtu (22/7/2017) sore.

Apel kesiapan pengamanan pilkampung dipimpin langsung Kapolres Biak Numfor AKBP H. Hadi Wahyudi, SIK didampingi Wakapolres Kompol I Nyoman Pujana, S.Sos yang dihadiri oleh Para PJU Polres Biak, para perwira, personil dari Kodim 1708 BN, personil Kompi I Brimob Biak, Bhabinkamtibmas dan seluruh personil Polres Biak Numfor.

IMG_7162

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menyampaikan agar personil yang terlibat dalam pengamanan untuk berkoordinasi dengan panitia pemilihan, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama serta diharapkan para kapolsek yang ditempatkan diselenggrakan pilkampung untuk memonitor dengan para kepala distrik dan danramil setempat.

“Jangan under estimed berpikiran bahwa ini hanya pilkampung, sehingga kita melakukan pengamanan dengan santai, perlu diketahui bahwa ada beberapa kampung seperti di distrik biak timur dan yendidori itu saya anggap cukup rawan karena ada calon yang bukan putra daerah dan memiliki potensi unggul atas calon laiinya, kejadian kerawanan lainnya para calon dan pendukung berada di TPS langsung sehingga rentan terjadinya gesekan dilapangan yang ketiga fenomena sekarang kepala kampung dianggap jabatan politis selain setiap kampung memiliki anggaran yang begitu besar, juga kepala kampung dilantik oleh bupati langsung, untuk itu saya harapkan semua personil yang terlibat pengamanan agar bekerja sama dan menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait, kepada seluruh perwira pengendali yang bertugas agar mengontrol langsung setiap TPS yang ada di bawah kendalinya “himbau Kapolres.

IMG_20170723_152741

Tahun 2017 ini sebelumnya diagendakan bahwa pilkampung akan diselenggrakan pada bulan Mei 2017, tapi karena keterbatasan anggaran, pemda menunda pelaksanaanya hingga tanggal 24 Juli 2017. Sebanyak 56 kampung yang melakukan pemilihan kepala kampung, dengan melibatkan 185 personil Kepolisian disetiap TPS, 224 linmas dan 56 TNI dengan rincian jumlah pengamanan disetiap TPS yaitu 2 Polisi, 1 TNI dan 4 Linmas. Sedangkan disetiap Polsek disiagakan 1 Regu Polri dan 1 Regu TNI dibawah kendali para Kapolsek dan dibantu perwira pengawas dari Polres. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Umi Fadillah
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password