Wow…!! Terlihat Antusiasme Ribuan Warga Saksikan BNC

Tribratanews.polri.go.id, Boyolali – Ratusan Personel Polres Boyolali dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan Pelaksanaan acara Boyolali Night Carnival (BNC) yang digelar pada Sabtu (22/7) malam kemarin, acara tersebut sukses mengu‎ndang ribuan warga Boyolali untuk menonton event yang pertama kali digelar di Kabupaten Boyolali.

Pemerintah Kabupaten Boyolali berharap dengan diadakannya event ini bisa mengenalkan kekayaan kebudayaan dan kesenian lokal sebagai salah satu identitas dalam dunia kepariwisataan Boyolali.

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi pun juga ikut turut memeriahkan acara Boyolali Night Carnival tersebut bersama dengan forkompinda dengan ikut berjalan kaki mulai dari Pendopo Alit sampai dengan Simpang Lima Boyolali.

‎Dengan mengambil tema kesenian tradisional, karnaval yang mengambil star dari pendopo alit ini menyusuri sepanjang Jalan Merbabu sampai di Simpang Lima Boyolali dan finish di Panti Marhaen, dengan menyajikan berbagai kekayaan budaya lokal Boyolali seperti tari topeng ireng, reog, serta tari rodat. Tak hanya kebolehan menari, sebanyak 18 peserta dari berbagai wilayah di Boyolali tersebut juga berlomba dalam kekreatifan kostum yang menjadi salah satu daya tarik karnaval. Selain peserta dari Boyolali, BNC juga diikuti oleh peserta luar kota, salah satunya kelompok dari Salatiga Iconic Costum.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani Menjelaskan, dengan menonjolkan seni tradisi dalam NBC, diharapkan masyarakat Boyolali tergugah untuk terus melestarikan berbagai kebudayaan lokal yang dimiliki. ‎Pelestarian kesenian dan kebudayaan lokal tersebut berkaitan erat dengan upaya pengembangan pariwisata yang tengah digalakkan dengan seni budaya lokal sebagai andalan untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Salah satu pengunjung bernama Wawan mengatakan, hal tersebut tentunya juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, agenda semacam tersebut bisa menjadi salah satu identitas pariwisata di Boyolali‎. Selama ini, pariwisata Boyolali menonjolkan kekayaan alam seperti panorama Gunung Merapi – Merbabu. Namun kekayaan budaya dan seni lokal Boyolali yang sebenarnya banyak berkembang di masyarakat belum terlalu terekspose.

“Agenda seperti karnaval ini kalau dibuat rutin tentu saja sangat potensial untuk mengenalkan pariwisata Boyolali kepada masyarakat luas,” tandasnya.

Penulis    : Shuro

Editor      : Umi Fadilla

Publish   : Shuro

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password