Satgas Pangan Polri : Polri Dalami Penangan PT. Indo Beras Unggul

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri. Subdit Indag Dittipideksus Bareskrim Polri telah melakukan penggeledahan di tempat produksi/gudang beras PT Indo Beras Unggul (PT IBU) alamat Jl Rengas Km 60 Karangsambung, kedungwaringan Bekasi Jawa Barat, Kamis (20/07/2017).

IMG_20170722_205654_458Penggerebekan Gudang Beras PT.  IBU ini dilakukan karena terdapat penimbunan beras ribuan ton beras yang merupakan kejahatan pangan. Hal ini menjadi tugas Polri untuk mengungkap dan melakukan tindakan kepolisian.

Ribunan ton beras berasal dari varietas padi IR64, Ciherang dan Impari yang merupakan varietas yang sama atau setara. Penanaman padi ini mendapat subsidi pemerintah antara lain berupa subsidi pupuk, alsintan, benih,  Dan lainnya. Setelah panen beras tersebut dibeli oleh PT. IBU dengan harga Rp. 7.000,- yang dipoles dan dikemas menjadi beras bermerk yang dijual dengan harga Rp.  20.400,- (200% dari harga pembelian).

Seperti yang telah dijelaskan Karo Penmas Polri Brigjen Pol Drs Rikwanto bahwa negara dirugikan dengan kejahatan ini, karena produsen maupun konsumennya merupakan rakyat Indonesia, serta akan berdampak pada inflasi. Sementara itu, hasil keuntungan penjualan beras sejumlah ratusan triliun dinikmati oleh seluruh midle man untuk sembilan bahan pokok, bukan keuntungan PT IBU saja.

Baca juga: Satgas Pangan Polri Berhasil Ungkap Penimbunan Ribuan Ton Beras Berbagai Merk

Berdasarkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Permendag yang berlaku sejak tgl 5 Mei 2017 yaitu Rp. 9.500,- untuk medium yang telah melalui kajian dan evaluasi yang mendalam.
“‘Yang disoal bukanlah medium atau premium,  tetapi keuntungan sangat besar yg diambil dari beras subsidi,” ujar Karopenmas.

Baca juga: Memanipulasi dan Curangi Petani serta Konsumen, Pabrik Beras di Bekasi Ditindak Bareskrim Polri

Selanjutnya dijelaskan bahwa untuk kandungan gizi pada beras tersebut, Polri akan memanggil pihak terkait  untuk dimintai keterangannya. Polri akan terus mendalami dan mengembangkan penanganan kasus ini yang tidak hanya berfokus pada PT IBU saja tetapi juga pihak-pihak yang terkait.

Penulis: Tim

Editor: Umi Fadilah

Publish: Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password