Kapolsek Dedai Berikan Pembekalan Kepada Tonsa Siaga Api

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar –  Polres Sintang, Untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Manggala Agni Kabupaten Sintang membentuk Pleton Desa Siaga Api di setiap Kecamatan yang diperkirakan rawan karhutla.

Salah satunya dibentuk di Desa Taok Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang, dan menjadi salah satu nara sumber untuk memberikan pembekalan kepada 30 orang anggota Tonsa Siaga Api tersebut adalah Kapolsek Dedai Iptu Warsono, Jumat(21/7/2016).

Dalam pemberian pembekalan tersebut, Iptu Warsono mengajak semua elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah terjadinya karhutla.

“Kita tidak ingin lagi terjadi bencana asap di wilayah kita, saya harapkan untuk anggota Tonsa Siaga Api dapat lebih aktif lagi memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar dan kita beri penjelasan kepada mereka, jika kita membakar hutan dan lahan, lalu terjadi bencana asap, maka akan merugikan bangsa kita dimata dunia karena yang dirugikan akibat pembakaran lahan tersebut bukan hanya pada tingkatan desa atau kabupaten saja, melainkan sampai tingkat internasional”, jelas Kapolsek.

Kapolsek juga memberikan teknis cara pemadaman kebakaran hutan dengan cepat, cara pembagian tugas, serta kesigapan para anggota, agar apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan, Tonsa Siaga Api yang sudah dibentuk tersebut sudah siap dan dapat langsung bertindak dengan cepat, dan tidak bingung lagi akan tugasnya masing-masing.

“Jika pelaku pembakaran dapat dijerat hukum pidana disertai denda yang sangat besar, dan dalam hal ini polisi akan menindak tegas pelaku pembakaran yang masih nekat melakukan hal tersebut” imbuh Kapolsek

Penulis   : Borne
Editor      : Umi Fadilah
Publish   : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password