Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu Memberikan Penyuluhan

 

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pada hari Jum’at 21/7/2017 pukul 09. 30 wib bertempat di Kantor Desa Jaras telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi / Penyuluhan dari Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, S. IK, MH melalui KBO Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu IPTU Suhana mengatakan adapun materi yang disampaikan yaitu terkait dengan Undang – Undang No 9 tahun 2009 tentang Perikanan dan Permen No 71 / Permen – KP / 2016 tentang jalur Penangkapan ikan dan penempatan alat penangkapan ikan di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia ujar IPTU Suhana.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi/Penyuluhan tersebut sebanyak kurang lebih 40 orang yang tampak hadir yaitu KBO Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu IPTU Suhana, Kapolsek Putussibau Selatan IPDA M. Sutikno, Kades Jaras sdr. MANCA, Kaurmintu Pol Air Polres Kapuas Hulu, Bhabinkamtibmas Desa Jaras serta warga Masyarakat Desa Jaras.

IPTU Suhana mengatakan adapun tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi/Penyuluhan tersebut adalah untuk memberi pemahaman dan kesadaran kepada Masyarakat tentang dampak atau bahaya dari kegiatan penyetruman yang biasa dilakukan oleh masyarakat dalam mencari ikan di Sungai dimana dampak yang paling fatal adalah ekosistim ikan di Sungai akan punah selain itu ikan akan menjadi liar sehingga  menyulitkan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari menangkap ikan ujar IPTU Suhana.

Pada kesempatan itu juga IPTU Suhana menjelaskan dalam kegiatan Sosialisasi/Penyuluhan tersebut terkait kegiatan patroli yang sudah dilaksanakan oleh satuan Pol Air Polres Kapuas selama ini dimana dalam pelaksanaannya melibatkan Satuan lain diantaranya Sat Reskrim Polres Kapuas Hulu dan PSDKP dimana dalam kegiatannya sudah mendapatkan hasil yaitu penangkapan di Kecamatan Jongkong dan sudah di proses di pengadilan, maka dari itu IPTU Suhana mengingatkan kepada Masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan penyetruman ikan di Sungai mengingat Ancaman hukuman denda yang sangat begitu berat terang IPTU Suhana.

Penulis : Jaspian
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password