Sidak Pasar Tradisional, Kanit Tipidter : Harga Sembako Terbilang Stabil

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Unit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) Sat Reskrim Polres Bone lakukan inspeksi mendadak (Sidak) dengan menyasar pasar tradisional sentral Palakka Watampone dan tahapan proses produksi beras di gudang Surya Indah Bone, bertempat di Desa Galung, Kecamatan Barebbo, Jumat (21/7/17).

Hal itu dilakukan guna memastikan harga sembako tetap stabil menjelang hari raya idul adha 1438 Hijriah khususnya di wilayah hukum Polres Bone.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako dan meminimalisir kejahatan serta pelanggaran kebutuhan pokok khususnya di wilayah hukum Polres Bone,” tutur Kanit Tipidter Iptu Jamaluddin, S.H.

Hasil pantauan dan pengawasan harga sembako di pasar tradisional sentral Palakka terbilang cukup stabil, diantaranya, beras kepala seharga Rp 9.500/kg, beras super seharga Rp. 9.000/ kg, telur ayam ras seharga Rp 19.000/ kg, bawang merah seharga Rp 32.000/kg dan gala pasir seharga Rp 12.500/ kg serta minyak goreng curah seharga Rp 10.500/kg.

Sementara pengecekan tahapan proses produksi Beras di gudang Surya Indah Bone, tidak ditemukan penimbunan hasil produksi serta proses pemutihan menggunakan air galon yang diproses melalui mesin pemoles serta tidak menggunakan zat kimia dalam proses produksinya dan untuk bahan baku gabah kering diperoleh dari pengumpul dengan harga Rp. 4.100/ Kg.

Iptu Jamaluddin yang memimpin kegiatan itu, melakukan langkah preventif dengan melakukan klarifikasi langsung kepada pemilik dan penanggung jawab gudang dan toko.

Tak hanya itu, selain mengecek harga dari distributor dan harga jual konsumen aparat juga menghimbau kepada produsen agar harga sembako tetap mengacu pada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password