Antisipasi cuaca PJR kebun kopi siaga penuh

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Jalur Tawaeli-Toboli atau yang dikenal dengan Kebun Kopi memang terkenal sangat rawan bila cuaca hujan. Banyak terjadi longsor di sepenjang 46 Km jalur yang menghubungkan Pantai barat dan pantai Timur Sulawesi Tengah. Akses jalan tersebut merupakan jalan utama dari Palu untuk menuju beberapa wilayah di Timur Sulawesi Tengah. Namun curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini menjadikan poros tersebut sering terjadi tanah longsornyang mengakibatkan terganggunya transportasi darat dari dan ke kota Palu dari arah Toboli parigi.

Jumat, 21 Juli 2017 jalur tersebut sudah lancar, namun hujan masih mengguyur sebagian jalan di kebun kopi. Kontur tanah serta tikungan dan tanjakan yang mengakibatkan seringnya terjadi longsor, hal ini yang harus diantisipasi oleh pengguna jalan tersebut.

Direktorat lalu-lintas Polda Sulteng sengaja mendirikan Pos PJR di jalur tersebut, dengan maksud untuk mengantisipasi terjadinya gangguan lalu-lintas akibat longsoran tebing. Mereka setiap saat berada di lokasi Pos, gunanya selain mengatur arus lalu lintas di poros tersebut, mereka juga akan menginformasikan kepada instansi terkait bila terjadi hambatan jalan. Bukan itu saja, mereka juga sering bertindak sebagai tenaga SAR bila ada kecelakaan di jalur yang ratusan tanjakan dan tikunganya.

Saat ini mereka siaga penuh mengingat curah hujan yang masih cenderung tinggi, dan masih terdapat lumpur dan tanah sisa-sisa longsor yang telah dibersihkan. Kondisi jalan di sekitar longsor sangat licin dan memerlukan konsentrasi penuh bagi para pengemudi.

“ Mereka disana siang dan malam selama 24 jam, tugasnya selain penugasan lalu-lintas mereka juga punya kewajiban untuk menginformasikan ke instansi terkait jika ada ganggauan jalan akibat longsor. Sebagai anggota Polri mereka juga dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk melakukan tindakan bila ada musibah. Dan ini harus di lakukan “ terang kabid Humas Polda Sulteng AKBP Drs. HARI SUPRAPTO, MSi saat dimintai tangggapan perihal keberadaan PJR di jalur Kebon Kopi.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password