Ops PETI, Polda Kalbar Amankan Satu Tersangka

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar bersama Satuan Brimob Polda Kalbar dan Direktorat Sabhara Polda Kalbar melaksanakan Operasi Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) 2017 di wilayah Singkawang, Kamis (20/07) pukul 11.00 WIB.

Sasaran kali ini adalah kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang tepat nya di Danau serantangan Ds. pamilang Kelurahan Sagatani dengan menemukan dua lokasi Peti yang tak jauh jaraknya.

Saat dilokasi anggota menangkap satu pekerja Penambang Emas An. YUS sedangkan pelaku lainya berhasil kabur dari pengejaran petugas, dari keterangan yang diberikan oleh pelaku, dalam melakukan kegiatan dibantu pekerja lain sebanyak delapan orang.

Adapun barang bukti yang diamankan yaitu satu alat mesin dompeng, dua selang dompeng dan perlengkapan lainnya.

Sisa barang bukti yang masih berada di lapangan yang memungkinkan tidak dapat dibawa ke kantor Polisi, terpaksa dimusnahkan.

“Sisa barang bukti kami musnahkan dengan tujuan alat yang dimusnahkan tidak dapat dipergunakan kembali bagi pekerja Peti,” ujar AKBP Ade Kuncoro.

Kini pekerja Peti yaitu Sdr. YUS sedang dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

Pelaku terancam pasal 158 Undang-undang no. 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara, dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

Penulis : Indra K

Editor : Umi Fadillah

publish : Cucu S

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password