Kabinda Kalsel Pimpin Rakor Kominda dan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kab. Barito Kuala

Tribratanews.polri.go.id, Polres Barito Kuala – Dalam rangka menjaga situasi keamanan masyarakat dan meningkatkan sinergitas antar Instansi, Kamis (20/07/2017) pukul 10.00 Wita bertempat di Aula Bahalap Pemkab Barito Kuala telah dilaksanakan Rakor Kominda dan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kab. Barito Kuala dengan tema “Pensikapan Terhadap Faham Anti Pancasila dan Radikalisme dalam rangka Terjaga dan Terpeliharanya Sikon Kondusif Nasional di Kab. Barito Kuala”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabinda Kalsel (Brigjen TNI Daru Cahyono), Dir Intelkam Polda Kalsel (Kombes Pol Drs. Pristio Dwiantono), Bupati Batola (H. Hasanudin Murad, SH), Kapolres Batola (AKBP Syahril Saharda, S.I.K., M.Si.), Wakil Bupati Batola, Sekda Kab. Batola, Kepala Badan Kesbangpol Batola, anggota BIN Kab. Batola, Pasi Ops Kodim 1005 Marabahan, Kasat Intelkam Polres Batola, Pasi Intel Kodim 1005 Marabahan, Kasi Intel Kejaksaan Batola, Kadis Hub Kab. Batola, Kasat Pol PP Kab. Batola, Kepala BNNK Batola dan anggota Kominda Batola.

WhatsApp Image 2017-07-21 at 11.41.16

Dalam pembukaan acara, Bupati Batola H. Hasanudin Murad, SH menyampaikan bahwa di wilayah Kab. Batola tidak ada Tokoh Central, dan secara umum masyarakat sangat bersikap terbuka dan menyambut baik para pendatang serta tidak ada perlakuan khusus kepada pejabat namun tetap menghargai dan menghormati. “Mengenai keberadaan Kadisdik Batola yang sempat viral menjadi simpatisan HTI, dari hasil konfirmasi itu adalah tidak benar, dan kasus intoleransi di Kab. Batola sampai saat ini tidak ada”, ungkap H. Hasanudin Murad, SH.

Selanjutnya pada sambutan Kabinda Kalsel Brigjen TNI Daru Cahyono, beliau menyampaikan terkait permasalahan HTI sudah jelas terbukti bahwa pada saat kegiatan HTI di Stadion GBK menyatakan membangun negara Khilafah tidak berdasarkan Pancasila, maka harus waspada terhadap segala bentuk paham dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila dan Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap gerakan – gerakaan tersebut. “Walaupun HTI telah mencantumkan Pancasila sebagai ideologi di dalam AD/ART tapi HTI telah melanggar AD/ART sendiri dengan tujuan pembentukan negara Khilafah”, kata beliau.

WhatsApp Image 2017-07-21 at 11.41.14

Kabinda Kalsel menambahkan, tapal batas yang bisa menjadi konflik mengingat Kab. Batola berbatasan dengan Kab. Tapin dan Kab. Kapuas (Prov, Kalteng) harus tetap disikapi serta terkait pergeseran usaha dari sektor pertambangan dengan sektor lain, karena hal tersebut akan menimbulkan konflik sosial di masyarakat. “Banyaknya aliran – aliran kepercayaan di masyarakat perlu diwaspadai sehingga tidak menjadi potensi konflik di masa depan, dan apabila saat ini HTI masih melaksanakan kegiatan berarti kegiatan tersebut adalah illegal”, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dir Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Pristio Dwiantono juga menyampaikan amanat yang isinya yaitu bahwa Perppu No. 2 Tahun 2017 tentang Ormas adalah pengganti UU No. 17 Tahun 2013 tentang Ormas yang merupakan penyempurnaan dan akan adanya tindakan tegas yang diberikan kepada ormas yang melakukan upaya atau aktivitas yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan hukum NKRI. “Pemerintah juga meyakinkan pencabutan SK Badan Hukum HTI bukanlah keputusan sepihak melainkan hasil dari sinergi badan pemerintah”, ujar Kombes Pol Drs. Pristio Dwiantono.

Beliau juga menuturkan bahwa prediksi kerawanan kedepan adalah timbulnya aksi unras oleh kelompok yang Pro dan Kontra terhadap Perppu No. 2 Tahun 2017 tentang Ormas, tuntutan untuk segera membubarkan Ormas yang tidak sejalan dengan Pancasila, munculnya berita Hoax yang menyudutkan Pemerintah, adanya pengajuan Uji Materi terhadap Perppu No. 2 Tahun 2017 tentang Ormas. “Dan di wilayah Prov. Kalsel pada saat ini ada 28 organisasi yang Pro terhadap Perppu No. 2 Tahun 2017, sedangkan yang kontra ada sebanyak 5 Organisasi”, tuturnya.

Penulis : Sayid

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password