Biro SDM Polda Kalbar Melaksanakan Assesment Kasat Intelkam

Tribratanews.polri.go.id – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalbar melaksanakan assessment Kasat Intelkam yang dimulai pada tanggal 19 Juli 2017 hingga 21 Juli 2017 di ruang assessment center Biro SDM Polda Kalbar.

Tujuan diadakannya assessment ini merupakan suatu metode penilaian yang terstandar, guna menilai atau mengukur potensi maupun prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu jabatan. Hal tersebut dilakukan menggunakan beberapa simulasi serta alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh beberapa Asesor.

Dari 18 peserta yang mengikuti, saat ini masih tersisa 12 peserta. 6 peserta lainnya tidak lolos karena tidak memenuhi syarat dalam test uji psikologi atau CAT (menggunakan komputer), uji diskusi dan wawancara.

IMG_0389

12 peserta yang tersisa saat ini sedang mengikuti uji kompetensi yang diuji langsung oleh Dit Intelkam Polda Kalbar. Uji kompetensi tersebut berisi paparan mengenai visi dan misi peserta apabila terpilih menjadi Kasat Intelkam.

Tidak hanya paparan mengenai visi dan misi saja, para penguji juga memberikan pertanyaan terkait wawasan peserta maupun pengalaman mengenai tugas pokok Polri sebagai anggota Intelejen.

“Sebagai anggota intel kita harus memiliki wawasan maupun pengetahuan yang luas mengenai teori intelejen. Tidak hanya kenal terhadap diri sendiri, kita juga harus mengenali musuh yang kita hadapi. Hal tersebut jelas tertera dalam teori Sun Tzu seorang ahli strategi militer yang berasal dari dari negara Cina yaitu kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu dan kau akan memenangi seribu pertempuran,” ungkap salah satu penguji.

Penulis : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password