Kami Ada untuk Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Sudah menjadi kodratnya, polisi harus siap membantu masyarakat yang mengalami kesulitan kapan dan dimana saja. Sejak dilantik sebagai anggota Polri, sejak saat itu pula tugas dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat melekat. Tidak peduli sesibuk apapun, jika mengetahui masyarakat membutuhkan bantuan saat itu juga seorang polisi wajib memberikan pertolongan.

Seperti yang dialami oleh Brigadir Samad, salah seorang anggota Satlantas Polres Trenggalek. Siang itu, sang Brigadir sedang bertugas mengamankan ibadah salat Jumat di Masjid Jami’ Kabupaten Trenggalek yang berlokasi tepat di sebelah barat alun-alun Trenggalek. Sejak pukul 11.00 WIB, Brigadir Samad bersama satu orang rekan kerjanya sudah berdiri di tengah jalan mengatur lalu lintas serta membantu menyeberangkan para jamaah, Jumat (21/07).

Panas terik matahari yang tepat di atas kepala tak dihiraukannya. Bagi Brigadir Samad, membantu mengamankan masyarakat yang melaksanakan salat Jumat merupakan sebuah tugas mulia dan kewajiban sebagai anggota Polri.

“Sudah biasa mas” ujarnya singkat.

Usai salat Jumat, para jamaah mulai keluar dari masjid/ada yang jalan kaki, naik sepeda, motor, ada pula beberapa yang mengendari mobil. Saat itulah Brigadir Samad melihat seorang warga yang terlihat kebingungan di samping mobilnya. Usut punya usut, ternyata mobil tersebut mogok. Si pemilik sudah mencoba menyalakan berkali-kali namun gagal. Harapan satu-satunya adalah mendorong mobil tersebut.

Tak tinggal diam, Brigadir Samad dibantu beberapa warga yang lain membantu mendorong mobil tersebut hingga hidup dan pengendara bisa melanjutkan perjalanan kembali. Tak lupa, ia pun mengucapkan terima kasih atas bantuan polisi dan warga sekitar.

Saat dikonfirmasi, Brigadir Samad menuturkan bahwa apa yang dilakukannya merupakan kewajiban sebagai anggota Polri.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban saya membantu masyarakat” ujarnya merendah.

Sementara Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., menyatakan apresiasinya atas apa yang telah dilakukan Brigadir Samad. Ia pun menegaskan bahwa sudah semestinya polisi proaktif bersikap dan bertindak humanis kepada siapapun. Lebih-lebih kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan atau pertolongan.

“Perbuatan baik sekecil apapun pasti bernilai ibadah. Jadi, jangan ragu-ragu membantu masyarakat. Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas. Polri ada untuk melindungi dan melayani masyarakat” tutur AKP Ricky.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Umi Fadilah
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password