Deklarasi Damai PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Serui – Deklarasi Damai Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten kepulauan Yapen tahun 2017 dilaksanakan di gedung Silas Papare Serui Kep Yapen, Kamis (20/07/2017) siang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wagub Provinsi Papua, Kapolda Papua, Pangdam XVII Cenderawasih, Kabinda Provinsi Papua, ketua KPU provinsi Papua, perwakilan Bawaslu provinsi Papua, perwakilan Komnas HAM provinsi Papua, tokoh masyarakat Kep Yapen, tokoh pemuda, perempuan, PJU Polda papua, PJU Kodam XVII cenderawasih, Kapolres Kep Yapen, Dandim Kep Yapen, muspida Kep Yapen, ketua DPRD kabupaten kepulauan Yapen, Para Calon Bupati dan Wakil Bupati Kep Yapen dari urut 1 Sampai 6 serta tim sukses para pasangan calon.

Kapolres Kep Yapen AKBP Darma Suwandito mengatakan pada tanggal 26 Juli 2017 mendatang masyarakat Kep Yapen akan melaksanakan PSU di 264 TPS yang tersebar di Kep Yapen. Tentunya ini menjadi perhatian khusus bagi aparat keamanan yg akan mengawal pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan lancar, damai dan aman.

“Deklarasi damai merupakan komitmen pernyataan atau penegasan serta kesepakatan para Paslon untuk turut serta memberikan jaminan menjaga keamanan, ketertiban, dan menjaga suasana damai serta tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu konflik,” kata AKBP Darma Suwandito.

Deklarasi Damai PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen---

Di lain sisi, Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoi, SE menjelaskan pelaksanaan PSU di kabupaten kepulauan Yapen di sesuai jadwal dari Mahkamah Agung ialah tanggal 26 Juli 2017. Di dalam menetapkan calon anggota KPPS, ketua KPU provinsi Papua tidak berkewenangan memberikan keputusan.

“Saya harap dari pasangan calon nomor 1 sampai 6 mari kita berkomitmen bersama untk membangun Yapen agar lebih baik lagi ke depan. Dan saya harap PSU yang akan datang semoga berjalan dengan aman dan damai,” ujar Adam Arisoi.

Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal, SE, MM menyampaikan bahwa para calon bupati dan wakil bupati adalah orang-orang hebat, yang mana nantinya akan bertarung kembali di pemulihan bupati dan wakil bupati Kep Yapen. Semua calon bilamana terpilih akan bekerja dengan baik untuk memajukan daerah ini.

“Tolong lakukan pilkada ini dengan damai dan aman. Dengan hati yang gembira mari kita lakukan pilkada dengan baik, damai dan sejahtera. Sebab Tuhan pasti tahu siapa yang menang. Saya yakin semua ini pasti akan berjalan dengan baik,” pungkas Klemen Tinal, SE, MM.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH mengatakan Kepolisian dan TNI  sebagai unsur keamanan, selalu netral dan memastikan bahwa pihak keamanan pasti akan netral. Demikian juga KPU, Bawaslu juga harus netral sehingga pilkada ulang dapat berjalan dengan baik.

Deklarasi Damai PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen--

“Kepada masyarakat saya himbau pilih sesuai hati nurani. Dalam pelaksanaan PSU yang akan datang mohon jangan ada pengerahan massa, hormati setiap pemilik suara dari proses pilkada itu, masyarakat tidak boleh diintimidasi. Andaikan nanti ada sesuatu yang tidak berkenan di hati melalui laporan dari Bawaslu yang nantinya ingin diproses secara hukum silahkan, tetapi ikuti prosedur yang ditetapkan oleh KPU,” tegas Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Di lain sisi, Pangdam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit mengajak masyarakat Kep Yapen untuk bersama-sama melaksanakan pemilihan suara ulang dengan baik dan benar, ikuti aturan yang ada. Aparat keamanan siap mengamankan PSU di ini.

“Kami pihak keamanan tidak bisa berbuat apa-apa, kalu tidak ada turut serta dan peran serta dari masyarakat Kep Yapen. Selamat melaksanakan PSU ini dan semoga semua pasangan calon dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik, ajak pendukung untuk berbuat atau memilih yang baik dan benar, tidak usah ada provokasi,” tutur Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Pembacaan Deklarasi dilanjutkan dengan panandatanganan Deklarasi dan foto bersama.

Deklarasi Damai PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen-

Penulis             : M Isrul
Editor               : Umi Fadilah
Publisher         : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password