Kamarnit Jungkat Giat Pam Dan Sar Kapal Kandas Dan Tenggelam di Muara Jungkat

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Ditpolairud melalui anggota Marnit Patroli Jungkat Polda Kalbar melakukan patroli alur perairan di sekitar wilayah muara jungkat dan mendapatkan laporan dari Pandu lewat pantauan Radio SSB bahwa ada kapal Tugboat yang menarik Tongkang bermuatan CPO Kandas di Alur pelayaran muara Jungkat tepatnya di bui lampu 3. Rabu (19/07/2017).

Setelah menerima laporan dari pandu lewat pantauan Radio SSB Pukul 05.30 Wib Kamarnit patroli Jungkat Ipda Rudi Waluyo, SH beserta anggota Brigpol Kadek Slamet Sudiarta mengambil tindakan dengan mengumpulkan informasi, berkoordinasi bersama instansi terkait seperti TNI-AL, Dinas perhubungan maupun Pandu Pilot dan segera mendatangi TKP selanjutnya melakukan pengamanan kapal dan tongkang di sekitar alur perairan muara Jungkat bui lampu 3 untuk dilakukan proses evakuasi pengangkatan/ penimbulan kapal tugboat.

Kronologis kejadian Kapal TB. Mega samudera nakhoda max Willian Lukas jumlah ABK kapal 4 org yang menarik Tongkang. Sahabat Kapuas bermuatan CPO 1500 KGS ABK tongkang 3 org bertolak dari kumpai Sambas tujuan PT , Wica batulayang saat diperjalanan pada hari Selasa tgl 18 Juli 2017 sekira pukul 19.00 tiba di OB muara Jungkat kapal pun tetap melanjutkan perjalanan, pada pukul 21.00 wib saat melewati alur perairan muara Jungkat di lampu bui lampu 3 kapal kandas dikarenakan kondisi air kecil/surut.

Pada hari Rabu tgl 19 Juli 2017 kapal masih belum lepas dari bui lampu 3 sekira pukul 04.00 wib TB. Mega samudera tenggelam karena dihantam cuaca buruk yang datang dan ombak besar, korban jiwa nihil namun dokumen kapa hilang hanyut terbawa arus, Pemilik kapal dan tongkang adalah Sdr. anghuan/Akuang Pelayaran PT. Sahabat Kapuas Mandiri Pontianak.

Penulis : Mahrani
Editor : Umi Fadilah/ Sugeng. HS
Publish : Cucu Safiyudin, MH

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password