Bocor Dihantam Ombak, 17 Penumpang Kapal RS Terapung Dr. Lea di Evakuasi Oleh Tim Gabungan Polair Polda Malut dan Basarnas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapal Rumah Sakit terapung Dr. Lie yang berlayar di wilayah perairan Mayau Kota Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut) mengalami  mati mesin dan kebocoran kapal di Koordinat 01° 1,852′ N / 126° 47,597′ E (40 mil barat daya P.Ternate).

Kapal RS terapung Dr. Lie yang mengangkut kurang lebih 22 orang tersebut sebelumnya terombang ambing dihantam gelombang, namun 17 orang penumpang berhasil di evakuasi oleh kapal Cina MV. Great Song setelah berkomunikasi dengan Kapal SAR Pandudewanata.

Dari 22 pemupang yang ada, lima dari crew kapal RS terapung Dr. Lie tidak mau menigggalkan kapal, saat evakuasi yang dilakukan kapal MV. Great Song setelah berkomunikasi dengan Basarnas Ternate,

17 orang yang dievakuasi kapal Cina itu akhirnya ditemukan kapal SAR Pandudewanata pada Pukul 03:00 Wit dini hari dan langsung di pindahkan untuk dievakuasi menuju pelabuhan.

Kepala Kantor SAR Ternate, Mustari dalam laporannya mengatakan, rencanannya kapal RS terapung Dr. Lie ini akan dievakuasi menuju pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate.

“Personil yang diterjunkan dari Basarnas sebanyak 11 orang sementara dari Polair Polda Malut sebanyak 7 orang, denga  gelombang 1-2 M, angin 10-15 Knots, cuaca hujan,” ungkap Mustari.

Lanjut Mustari, pada pukul 10.10 Wit PD. TW 0720 Poskodal Basarnas Ternate meminta bantuan Kapal Patroli Gamalama milik Polda Malut utuk membantu proses evakuasi Kapal RS terapung Dr. Lie menuju pelabuhan A. Yani Ternate.

Penulis : Mandala

Editor  : Umi Fadilah

Publish : Mandala

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password