Masyarakat Terganggu Knalpot Bising Racing, Polres Bogor Lakukan Razia Serentak

Tribratanews.polri.go.id, Polres Bogor – Banyaknya Laporan dan permintaan dari masyarakat terkait terganggunya kenyamanan Masyarakat akibat maraknya Knalpot Bising Racing yang kerap kali mengganggu ketenangan Masyarakat terutama saat beristiratah dimalam hari. Laporan yang diterima oleh Polres Bogor didapati dari Laporan Lisan, Sosial Media, Bahkan Melalui Surat Kabar. Salah Satunya adalah Gambar dibawah ini :

43ea2668-e7a8-4dcf-95ec-10bc27fa34d0
Knalpot Racing

Untuk itu Kepolisian Resor Bogor bergerak cepat dalam menanggapi laporan tersebut dengan melakukan Razia Knalpot Bising Racing yang dilakukan serentak dalam kurun waktu Seminggu terakhir dilakukan oleh seluruh jajaran Polsek di Wilayah Hukum Polres Bogor. Kamis (20/07/2017)

Satlantas Polres Bogor dan Polsek Jajaran melakukan tindakan berupa penilangan menggunakan E- Tilang sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan dan Kendaraan yg menggunakan Knalpot Racing / Knalpot Bising di Copot diganti dengan knalpot standar.

Penggunaan Knalpot Racing yang tidak sesuai dengan peruntukannya telah tercantum di Pasal 285 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal tersebut menjelaskan bahwa pengendara motor yang membawa kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan (di antaranya knalpot) akan ditindak.

(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

“Kami dari Kepolisian Meminta kepada masyarakat agar tidak menggunakan knalpot racing yang cenderung akan mengganggu ketertiban serta bisa membuat konflik sosial, Diharapkan masyarakat agar lebih tertib dan tentunya menggunakan kendaraan sesuai dengan spektek yang ada,” Tutur AKP Hasby Ristama SH SIK Kasat Lantas Polres Bogor.

Dalam kurun waktu Seminggu Terakhir Polres Bogor dan Polsek jajaran Berhasil menindak dan menyita Barang Bukti Knalpot Bising Racing sebanyak 658 Buah.

Penggunaan knalpot racing yang Bising atau Knalpot Brong ini dianggap tidak memenuhi persyaratan teknis yang telah ditentukan oleh Kementerian Perhubungan, ATPM sebagai pemasar produk wajib mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan mengenai spesifikasi dan produk motor yang akan dipasarkan.

Apabila knalpot yang tidak sesuai dengan standar dipasangkan di Motor yang sudah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan maka dipastikan knalpot tersebut melanggar persyaratan teknis yang sudah ditentukan oleh Kementerian Perhubungan.

Penertiban knalpot racing bukan hanya dari ukuran desibel melainkan karena knalpot yang tidak berstandar dari pabrik ATPM.

Kepolisian melakukan razia terhadap knalpot yang tidak dengan sesuai standar bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang selama ini terganggu dengan kebisingan suara knalpot Racing atau Brong Tersebut.

Penulis : Siti Rimawati
Editor : Umi Fadilah
Publish : Siti Rimawati

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password