Polda Jateng Berhasil Gagalkan Peredaran 1 kg Sabu di Kota Semarang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jateng, Di Halaman Kantor Ditresnarkoba Polda Jateng Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, MM, M.Hum dengan didampingi Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng Kombes Pol. Krisno H. Siregar, S.I.K., M.H. dan Karo Ops Polda Jateng, Irwasda Jateng dan Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol. Drs. R. Djarod Padakova, MM diwakili oleh Kasubid Penmas Bidhumas Polda Jateng AKBP Agung Aristyawan Adhi, SH, SIK beserta Pejabat Utama Polda Jateng melaksankan Press Release terkait Tindak Pidana Narkotika terorganisir melanggar Primer pasal 132 ayat (1) jo 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kamis (20/7/17)

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Condro Kirono, MM, M.Hum menjelaskan bahwa tersangka YBS yang bekerja sebagai Sopir Rental yang ditangkap pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017 sekira jam 03.30 WIB dan tersangka DWS tertangkap hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017, sekira pukul 08.30 WIB yang tertangkap di 2 lokasi diantaranya Kamar No 8 Hotel Griya Jl. Hawa Kel Karangtempel Semarang Timur dan Rumah Kos No. 4 Kp. Malangsari Kel. Tlogosari Kulon Pedurungan, sedangkan Barang bukti di Rumah kost di daerah Kp. Cempedak Kel Sompok Kec. Semarang Timur, dengan Barang bukti yang diamankan oleh Ditresnarkoba Polda Jateng diantaranya : Sabu 915 gr dikemas dalam plastik, 1 (satu) gr sabu dalam bungkus rokok Dunhill, 3 gr sabu dalam bungkus rokok Malboro, Seperangkat bong, Buku tabungan BCA atas nama DONNY SETYA WIBOWO dan 2 (dua) unit HP, Ujar Kapolda Jateng

“Hasil penangkapan ini Berdasarkan informasi masyarakat bahwa akan ada narkoba jenis sabu masuk ke wilayah Semarang dalam jumlah besar dari Jakarta. Informasi tersebut ditindak lanjuti oleh Unit Opsnal Ditresnarkoba Polda Jateng. Hasil penyelidikan mengindikasikan kepada Sdr YBS dan Sdr DSW sebagai pelaku,” Tambah Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, MM, Mhum

Penangkapan ini bermula Pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017 pukul 03.00 Wib dilakukan penggeledahan di Kamar No 8 Hotel Griya Jl. Hawa Kel. Karangtempel Semarang Timur. Ditemukan Tsk YBS akan menggunakan shabu seberat 1 gr. Kemudian petugas melanjutkan penggeledahan ditempat kos Tsk YBS di Rumah Kos No. 4 Kp. Malangsari Kel. Tlogosari Kulon Pedurungan dan berhasil ditemukan 915 gram shabu yang disembunyikan di dalam springbed. Kemudian pengungkapan tersebut dilanjutkan dengan menangkap Tsk DSW pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017, sekira pukul 08.30 WIB di kamar kosnya di daerah Kp. Cempedak Kel Sompok Kec. Semarang Timur.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa kedua tersangka beberapa hari sebelumnya menjemput 2 kg shabu dari seseorang di Cibubur Jakarta berdasarkan perintah Sdr X yang berada di salah satu Lapas di Jawa Tengah. 1 kg shabu telah dikirim ke Pasuruan Jawa Timur, sedangkan sisanya berhasil disita oleh petugas dari kedua tersangka,”¬†tambah Kapolda Jateng.

Jaringan ini sudah berkembang bukan saja di Jawa Tengah akan tetapi jaringan ini juga sudah mengembang sampai Jawa Timur, saat ini Ditresnarkoba Polda Jateng akan berbagi informasi dengan Ditresnarkoba Polda Jawa Timurdan Menerbitkan DPO an. Mr X dan berupaya membongkar jaringannya serta melakukan penyidikan terhadap kedua tersangka sebagai bentuk pengembangan penangkapan ini. Tambah Direktur Resnarkoba Polda Jateng Kombes Pol. Krisno H. Siregar, S.I.K., M.H.

“Kedua Tersangka akan dikenakan Pasal 132 ayat (1) UU RI N0 35 Tahun 2009 tentang Narkotika tentang Permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112, Pasal 114 pelakunya dipidana dengan pidana penjara yang sama sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal-Pasal tersebut. Dan Pasal 114 ayat (2) UU RI N0 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Dengan ancaman dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (Dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga). Serta Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, Dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga),” Tambah Dirresnarkoba Polda Jateng.

Penulis : Agus

Editor : Umi Fadilah

Publish : Wagiman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password