Kapolda Kalbar: Kamtibmas Tanggung Jawab Kita Bersama

Tribratanews.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Erwin Triwanto SH, hari ini, Rabu, 19 Juli 2017, melakukan kunjungan kerja ke Kota Singkawang. Kehadiran orang nomor satu di Kepolisian Daerah Kalimantan Barat ini dalam rangka kunjungan kerja serta Tatap muka bersama Forkopimda dan tokoh masyarakat Kota Singkawang.

Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Dirsabhara Kombes Pulung Rohmadianto, Dirpolairut Kombes Alex Fauzi Rasad, Dirpamobvit Kombes Hudit Wahyudi, Dansatbrimob Kombes Agus Tri Heriyanto dan Koorspipim AKBP Asep Rosadi juga turut mendampingi kegiatan jenderal bintang dua itu. Tidak berapa lama, Kapolda disambut langsung oleh Kapolres Singkawang AKBP Sandi Alfadie Mustofa beserta Para pejabat Polres Singkawang.

Terlihat jelas, kedatangan rombongan Kapolda Kalbar disambut antusias oleh Forkopimda, Walikota Terpilih Singkawang Tjhai Chui Mie, Sekda Skw Syeh Bandar, Ketua PN Sugiyo Mulyoto, Danrindam Skw Kolonel Khairul Anwar, Kalapas Skw Sambiyono, Dan Brigib Skw, Kasdim Skw, DenPom Skw, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat kota seribu kelenteng itu. Yang telah hadir di RM. Kampung Batu Singkawang bertatap langsung dengan sosok mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini.

Dihadapan Forkopimda dan Tokoh Masyarakat Singkawang, Irjen Pol Erwin Triwanto mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan dan menjaga Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang aman dan kondusif menjadi tanggung jawab bersama.

Selain itu, mohon dukungan dari masyarakat kepada anggota kami yang bertugas dilapangan, Public Trust sangat dibutuhkan supaya mereka tetap survive atau eksis dilapangan dalam melaksanakan tugas.

“Saya titipkan anggota kami kepada masyarakat Singkawang untuk saling membantu dengan memberikan informasi setiap perkembangan situasi yang terjadi di lingkungannya untuk diantisipasi dengan kegiatan Proactive Kepolisian, sehingga masyarakat dapat terhindar menjadi Korban Kejahatan maupun menjadi Pelaku Kejahatan, “Drs Erwin Triwanto SH melanjutkan.

Polri telah berbenah melakukan perubahan struktural maupun kultural. Pimpinan Polri telah mengambil kebijakan program “Promoter” Profesional, Modern, Terpercaya, Ini bukan hanya slogan saja tetapi kami ikuti dengan kemauan dan kemampuan, sehingga Kompetensi dan Integritas anggota terus kami benahi. Budaya minta dilayani telah dihilangkan, tetapi kita yang melayani masyarakat dengan mengedepankan peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak perpanjangan tangan Polri di tengah-tengah masyarakat.

Drs Erwin Triwanto SH menjelaskan, bahwa reformasi kinerja secara bertahap sudah dilakukan jajarannya melalui perbaikan pelayanan publik, pebaikan sistem pelaporan masyarakat berbasis IT, perbaikan ruang pelayanan sampai dengan perbaikan kualitas dan sikap petugas pelayanan yang lebih bersahabat dan profesional.

“Apresiasi dari kami kepada masyarakat khususnya Polres Singkawang, sudah menyajikan Singkawang Comand Centre (SCC) dalam pelayanan Kepolisian, yang mengintegrasikan sistem Panic Button, GPS Personel Polri, Website, pengaduan online, call center, email personel, Regional Traffic Management Center (RTMC), Drone Air Monitoring System (DAMS), Social Media Management dan Babinkamtibmas Online System (BOS). sistem ini kami anggap sebagai fungsi kontrol dan pengawasan,” Drs Erwin Triwanto SH mengungkapkan.

Terlihat kehangatan dalam komunikasi yang berlangsung dengan Kapolda kalbar, sambil menikmati hidangan makan malam, semuanya sangat akrab satu sama lain membaur.

Ditempat yang sama, Drs Erwin Triwanto SH mendengarkan masukan masalah-masalah yang ada di Kota Singkawang. Termasuk adanya kegiatan Penambangan Tanpa Ijin (PETI) yang baru saja ditertibkan di wilayah Singkawang dan beberapa kabupaten lainnya di Kalbar.

Pertambangan Tanpa Ijin (PETI) ini memang menjadi momok dan permasalahan sejak dulu di Kalbar, maka perlu segera diberikan kebijakan pencegahan oleh Pemerintah Daerah, karena terkait faktor ekonomi, kemiskinan, rendahnya ketersediaan lapangan pekerjaan di daerah.

“Hukum harus di Tegakkan, dalam tempo 5 hari 40 lokasi Peti di beberapa wilayah pelosok Kalbar sudah kita amankan, makanya saya bersama para Direktur Reserse minggu kemarin datang ke beberapa polres tujuannya untuk memberikan semangat kepada anggota, mengingatkan komitmen Polri dalam menegakkan hukum, sebagaimana diamanatkan oleh bapak kapolri,” Drs Erwin Triwanto SH menegaskan.

Selepas acara di Singkawang, selanjutnya Kapolda beserta rombongan akan meneruskan lawatannya ke Polres Sambas pada hari, kamis (20/7/2017).

penulis : Cucu Safiyudin
Editor : Umi Fadillah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password