“Berpelukan”, Pelaku dan Korban Sepakat Berdamai

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel. Sebagai pelindung, pengayom, pelayan serta menegakkan hukum, seorang anggota Polri harus dapat melaksanakan tugas dengan profesional dan proporsional.

Memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaporkan, maupun sebagai terlapor, harus ditangani secara profesional.

Penegakan hukum dalam perkara tindak pidana umum, tidak semuanya harus berakhir di pengadilan.

Dengan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak yang bertikai, Kepolisian dapat memfasilitasi keduanya untuk menyelesaikan permasalahan mereka, dengan catatan harus merupakan permintaan dari kedua belah pihak yang bermasalah.
20170720_052259Salah satunya seperti tindak pidana penganiayaan yang terjadi di wilayah Polsek Sungai menang Polres OKI, dimana antara pelaku dan korban masih memiliki hubungan kekeluargaan, sehingga Kapolsek Sungai menang Iptu Tamba, senin (19/07) berdasarkan Laporan Polisi LP / B-43/VII/2017/sek Sungai menang/ tanggal 16 Juli 2017, telah memfasilitasi kesepakatan penyelesaian perkara pidana.

Menurut Iptu Tamba, langkah langkah yang ditempuh oleh kedua belah pihak yang bertikai ini tidak ada masalah, selama didalamnya tidak ada intervensi dan intimidasi, sehingga mengakibatkan adanya unsur pemaksaan dalam penyelesaiannya.
20170720_052412Dilanjtkan Kapolsek, bahwa keduanya telah sepakat berdamai, dengan disaksikan oleh perangkat desa, terlapor memberikan pernyataan siap untuk mengobati dan menyantuni korban, kemudian pelapor dengan kesadarannya sendiri mencabut laporannya, sehingga keduanya sepakat untuk tidak akan saling dendam lagi dikemudian hari, dan hal ini harus menjadi pelajaran bagi kita bersama untuk saling introspeksi diri masing masing, sehingga kedepannya hal seperti ini tidak terulang lagi

“Sebelumnya, baik pelapor dan terlapor sudah kita periksa untuk dimintai keterangannya, para saksi yang melihat kejadian juga kita periksa, sedangkan untuk adminnistrasi berkas perkara kasus ini sendiri sudah kita lengkapi, akan tetapi dengan kesepakatan bersama antara pelapor dan terlapor, yang disaksikan langsung oleh para saksi dan aparat desa, kami siap memfasilitasi keduanya, sehingga dengan demikian, suasana damai yang kita harapkan bersama dapat terwujud”. Ujar Kapolsek.

Penulis : Ilham (WAP 45)/ Polres OKI
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Ilham (WAP 45)/ Polres OKI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password