Di Desa Lampasio, Tolitoli, ada Kegiatan Potong Gigi yang Disebut Metatah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Sebanyak 200 orang umat Hindu menghadiri rangkaian kegiatan Pitra Yadnya Ngaben Kolektif, Potong Rambut, dan Metatah yang Ke III Desa Sibea, Kecamatan Lampasio, Kabupaten Tolitoli Tahun 2017, Senin (17/7/2017).

98569c6c-ebe2-4d69-840e-75d49a72b595

Umat Hindu yang datang berasal dari Desa Sibea , Desa Pagaitan, Desa Bambalaga, Desa Kayu Lompa , Desa Tinading, Kabupaten Buol , bahkan ada yang dari pulau Kalimatan. Kegiatan ini dipimpin oleh Mangku Sringgen dan Mangku Putu Sutama.

Dalam rangkaian kegiatan ibadah ini, ada yang namanya Metatah, atau potong Gigi. Mungkin terdengar tidak biasa buat kita, tentu saja tidak semua giginya dipotong, ritual yang dilakukan pada saat potong gigi adalah mengikis 6 gigi bagian atas yang berbentuk taring.

Selain kegiatan Ibadah Metatah, rangkaian Ibadah lain juga dilakukan, seperti Pengabenan , Nuduk Tulang Ngerek, Nguyeg Tebu Malem, Kayu Dadap, Mesuku Tunggal, Maktiang Pengiriman, Mecaru Di Setra, Ngayib Di Tukad, Mecaru Di Serta, Nganyud Di Tukad, Mecaru Dibangsal , Ngangget / Ngalap Don Bingin, Ngajum Sekah Munggah Ring Petak, dan Ngajegang Puspa Lingga. Khusus untuk kegiatan Ibadah Manusia Yadnya, Metatah, Potong Rambut, dan Nedungan Sekah dilakukan pada malam hari.

d1019aaa-617f-4f49-ac02-a3dc445a8573

Kapolsek Lampasio, Ipda Siswanto menjelaskan bahwa di siang hari, selain kegiatan Metatah, juga dilakukan kegiatan Ngaben, “pada kegiatan ngaben tersebut, dilakukan untuk penghormatan terakhir terhadap 26 Sawa Dewasa dan 13 Sawa Ngelungah”.

Sawa yang dimaksud adalah mayat, jadi ada 26 mayat dewasa dan 13 mayat anak-anak yang dilakukan kegiatan Pengabenan.

Ipda Siswanto mengaku bahwa pihaknya akan terus melakukan pengamanan hingga berakhirnya rangkaian kegiatan ibadah yang dilaksanakan.

Penulis : Hernawan Saputra
Editor : Umi Fadilah
Publish : Hernawan Saputra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password