Kapolres Lampung Barat Pimpin Upacara di Hari Pertama Anak Sekolah Masuk

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung / Polres Lampung Barat. Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto, S.Ik memimpin Upacara di Hari Pertama Anak Sekolah Masuk tepatnya di SMAN 1 Liwa pada Senin (17/07/17). Kegiatan rutin dilaksanakan setiap hari Senin dan dihadiri seluruh dewan guru setempat, staf TU, dan para Bhabinkamtibmas berikut seluruh siswa-siswi SMAN 1 Liwa.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Lampung Barat menyampaikan, keingintahuan adalah naluri dan kodratnya manusia. Dengan rasa ingin tahu, manusia mendapat ilmu pengetahuan dan ditemukan teknologi.  Dengan ilmu dan teknologi ini, hidup makin mudah dan majunya peradaban. Bepergian makin mudah, belanja makin cepat, berkomunikasi makin gampang. Belajar pun makin terbantu dengan digital it  atau teknologi informasi digital melalui internet.

IMG_2986Kemajuan ini, memberi manfaat sekaligus membawa bahaya. Sudah banyak korban kejahatan berawal dari media sosial dan adanya hand phone. Di dunia maya, juga banyak ajaran-ajaran radikalisme agama yang diunggah oleh orang-orang yang tidak kita kenal. Bahkan belajar merakit bom pun, dapat kita peroleh melalui internet. Ini yang dilakukan oleh pelaku-pelaku terorisme akhir-akhir ini, “Ucapnya

Radikalisme dan terorisme berawal dari pemahaman yang salah terhadap agama. Bisa juga salah paham terhadap ajaran agama. Mereka mengkafirkan orang lain dan merasa paling benar. Ini sangat berbahaya dan kita harus selalu waspada. Mereka tidak pernah  berhenti untuk menjaring anggota-anggota baru, terutama yang kurang paham terhadap agama,”Jelasnya.

IMG_3027Kebanyakan yang tergoda dan terpengaruh adalah anak-anak muda yang semangatnya masih luar biasa. Untuk mencegahnya, belajarlah agama secara benar.  Agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Agama yang mengajarkan akhlak mulia. Agama yang mengajarkan kedamaian dan mengasihi seluruh makhluk tuhan,”Tegasnya.

Kapolres juga menambahkan, mulai tahun ajaran 2017 ini, akan banyak anggota polisi hadir di sekolah-sekolah, karena ada program polisi peduli sekolah. Polri khususnya polda lampung, menginginkan terjadi percepatan peningkatan mutu pendidikan di provinsi lampung. Ini sudah di-mou-kan dengan dewan pendidikan provinsi lampung, yang ditandatangi pada tanggal 13 maret 2017 yang lalu.

IMG_3041Ke depan, ada 12 cakupan kegiatan yang akan kita laksanakan secara bersama-sama, yaitu: Pembangunan karakter siswa dengan hadirnya polisi menjadi pembina upacara, Pembinaan polisi cilik di tingkat sd, Polisi sahabat anak untuk tingkat paud/ra, Patroli keamanan sekolah (pks), Program safety riding untuk sma/smk/ma, Membentuk tim gabungan penertiban siswa yang berkeliaran di jam-jam sekolah, Pembinaan dan penyuluhan anti radikalisme dan intoleransi, Penyuluhan narkoba, kenakalan remaja dan wawasan kamtibmas, Sosialisasi kampanye penerimaan anggota polri, Pramuka saka bhayangkara, Operasi tertib sekolah dan Permasalahan di lingkungan sekolah, diselesaikan di tingkat bhabinkamtibmas secara musyawarah mufakat  (rembug pekon).

Semua kegiatan-kegiatan tersebut, bertujuan untuk mengimplementasikan program polisi peduli pendidikan,”Paparnya.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password