Gagalkan Pencurian, Mahasiswi Dapat Penghargaan dari Kapolres

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kaltim / Polres Balikpapan – Kepolisian Resor Balikpapan memberikan penghargaan kepada seorang mahasiswi bernama Resky Ainun (20). Mahasiswi Universitas Mulawarman yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sumberejo Balikpapan Tengah ini berhasil menggagalkan aksi dua pelaku kejahatan jambret di daerah Sungai Ampal pada hari Senin 10 Juli 2017.

Piagam Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta seusai memimpin apel pagi di Halaman Mapolres Balikpapan, Senin (17/07) pagi.

“Aksi Resky yang nekat menabrakan motor yang dinaikinya ke motor yang dikendarai kedua pelaku yang berusaha melarikan diri itu patut diapresiasi. Sebab, tidak semua orang berani melawan pelaku tindak kejahatan khususnya pelaku jambret,” tutur AKBP Jeffri Dian Juniarta.

AKBP Jeffri Dian Juniarta menambahkan bahwa penghargaan diberikan karena aksi heroik Resky telah membantu tugas aparat kepolisian dalam menggagalkan kejahatan yang kerap mengintai siapa saja.

Perlu diketahui bahwa pada hari Senin (10/7) sekira pukul 13.15 Wita, Resky bersama temannya datang ke warung fotokopi untuk keperluan kelurahan tempat KKN-nya. Saat menunggu di dalam warung, tiba-tiba seorang pria langsung merampas HP yang digenggamnya. Resky kaget kemudian langsung bereaksi mengejar pelaku.

“Saat main HP, tiba-tiba HP saya dirampas. Orangnya lari terus naik ke motor. Di motor sudah ada temannya. Mereka langsung pergi. Otomatis saya langsung ambil motor dan mengejar. Sepanjang jalan saya teriak maling. Ada yang coba bantu kejar tetapi tidak dapat. Saya terus kejar sampai Sungai Ampal, depan warnet,” terang Resky usai terima penghargaan dari Kapolres.

Warga Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan ini mengaku saat berhasil memepet, langsung menabrakkan motornya ke motor pelaku. Keduanya langsung terjatuh dan menjadi pusat perhatian warga. Ainun terus berteriak bahwa keduanya adalah jambret yang mengambil HP-nya. Namun, salah satu pelaku mengelak bahwa kejadian itu hanyalah kecelakaan biasa.

“Saya pegang terus kaki salah satu pelaku. Sedangkan pelaku lainnya lari ke arah gang samping warnet. Saya sampai terseret. Enggak mau melepas pelaku. Warga yang datang langsung saja memukul orang yang saya pegangi,” tambah Resky.

Gagalkan Pencurian, Mahasiswi Dapat Penghargaan dari Kapolres2Sampai berita ini diturunkan 1 pelaku yang sempat kabur sudah berhasil ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek Balikpapan Utara.

“2 pelaku sudah kami tangkap dan saat ini masih proses penyidikan di Polsek Balikpapan Utara,” tutur AKBP Jeffri Dian Juniarta.

Disela-sela sambutannya, Kapolres Balikpapan juga menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Resky bisa menjadi teladan bagi Masyarakat Balikpapan lainnya dan memberikan semangat dan motivasi kepada personel Polres Balikpapan untuk meingkatkan pelayanan yang terbaik guna memberikan rasa aman kepada warga Balikpapan.

Gagalkan Pencurian, Mahasiswi Dapat Penghargaan dari Kapolres3
“Kami menghimbau kepada warga Balikpapan agar selalu berhati-hati dan waspada dengan pelaku tindak kejahatan, Jadilah Polisi diri sendiri sehingga bisa mencegah dan melawan aksi-aksi kejahatan yang akan terjadi,” pungkas AKBP Jeffri Dian Juniarta.

Selain menerima piagam penghargaan dari Kapolres Balikpapan, Resky juga menerima handphone baru dan biaya perbaikan motornya yang rusak dari Organisasi Kepemudaan Pemuda Pancasila Kota Balikpapan yang diserahkan langsung oleh Jerico Noldy.

 

Penulis         : Basuki

Editor          : Umi Fadilah

Publish         : Baim

Admin Polri56695 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password