Kapolres Tanggamus Lampung : Jadilah Polisi Bagi Diri Sendiri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, SIK, MSI menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Pringsewu, Senin (17/7/17). Upacara digelar dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2017 serta merupakan rasa peduli kepolisian terhadap dunia pendidikan yang dilaksanakan serentak oleh pejabat utama, Kapolsek dan para Kanit Polsek, Bhabinkamtibmas jajaran Polres Tanggamus di sekolah SMA, SMP dan SD di kabupaten Tanggamus dan Pringsewu.

Dalam amanatnya Kapolres mengatakan, pembinaan terhadap remaja, pemuda dan pelajar adalah salah satu tugas pokok Polri, oleh sebab itu pada kesempatan ini perlu saya tekankan agar siswa-siswi dapat bertindak menjadi Polisi bagi dirinya sendiri yang artinya para siswa selalu memperhatikan keselamatan dirinya masing-masing agar tidak menjadi korban suatu tindak pidana atau pelaku kejahatan.

“Di era globalisasi sekarang ini, serta perkembangan teknologi yang semakin canggih, sudah barang tentu sedikit banyam akan mempengaruhi dalam kehidupan kita sehari-hari, karena kejadian apa saja yang terjadi di luar negeri apalagi di dalam negeri dalam hitungan nenit dapat kita ketahui dan itu semua ada yang membawa dampak positif dan juga berdampak negatif”, kata Kapolres membacakan amanat Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Sudjarno.

Kapolres juga mengigatkan siswa-siswi untuk menaati peraturan lalu lintas, menghindari dan menjauhi hal buruk seperti merokok, minuman keras apalagi sampai terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba, “karena hal tersebut dapat merusak kesehatan dan dapat dipastikan akan berurusan dengan hukum”, jelasnya.

Selain itu AKBP Alfis Suhaili memaparkan Program Polisi Peduli Sekolah Kepolisian daerah Lampung yang sudah DI MoU kan dengan dewan Pendidikan Provinsi Lampung. Ada 12 Cakupan Kegiatan dalam Program ini.

“Pertama, Pembangunan Karakter siswa dengan hadirnya Polisi menjadi Pembina Upacara, Pembinaan Polisi cilik di tingkat SD, Polisi Sahabat anak untuk tingkat PAUD/RA, Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Program Safety Riding untuk SMA/SMK/MA, Membentuk Tim gabungan penertiban siswa yang berkeliaran di jam-jam Sekolah,” ujarnya.

Kemudian pembinaan dan penyuluhan anti radikalisme dan intoleransi, penyuluhan Narkoba, kenakalan remaja dan kawasan Kamtibmas, Sosialisasi kampanye penerimaan Anggota Polri, Pramuka Saka Bhayangkara, Operasi Tertib Sekolah, Permaslahan di lingkungan sekolah, diselesaikan di tingkat Bhabinkamtibmas secara musyawarah mufakat (rembuk pekon).

“Semua kegiatan bertujuan untuk mengimlementasikan Program Polisi Peduli Pendidikan karena Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Lampung, menduduki peringkat 27 dari 34 Provinsi di Indonesia,”imbuh Kapolres.

Ditempat sama, Kapolres Tanggamus juga didapuk menyerahkan piala futsal atas keberhasilan tim pelajar SMA Negeri 1 Pringsewu pada turnamen yang telah digelar di sekolah tersebut.

Kepala SMA Negeri 1 Pringsewu, Zainal, S.Pd., MM., mengatakan sangat berbangga dan apresiasi atas apa yang dilakukan pihak kepolisian di sekolah yang dipimpinnya, “kami bersyukur atas nama dewan guru dan siswa karena apa yang disampaikan Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili dapat menjadi pelajaran berarti untuk seluruh yang hadir mengikuti upacara”, jelasnya.

Zainal,  juga berharap kegiatan yang dinilainya sangat positif dapat selalu dilaksanakan sehingga siswa-siswinya dapat lebih memaknai pentingnya menjadi Polisi untuk diri sendiri. (*)

Penulis : N.Muslih / Polres Tanggamus
Editor : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password